Saat berwisata ke Turki, tidak lengkap rasanya tanpa mencoba kuliner Turki. Salah satu kota di Turki yang kaya akan kuliner menariknya adalah Istanbul. Istanbul Turki merupakan kota lintas benua di Eurasia yang membentang melintasi selat bosporus di antara dua laut. Kota Istanbul juga dikenal dengan kota seribu masjid, dan banyak sekali hal menarik yang dapat ditemukan disini, termasuk aneka kuliner Turki yang menggugah selera.

kuliner turki

Source: Google.com

Salah satu kuliner Turki yang wajib dicoba adalah balik ekmek, atau hidangan sandwich yang berisi ikan dengan rasa sangat gurih dan juga sayuran. Selain balik ekmek, masih banyak kuliner Turki  yang tidak boleh terlewatkan selama berwisata di sana. Apa saja? Berikut ulasannya di bawah ini.

Hatay Medeniyetler Sofrasi

Hatay Medeniyetler Sofrasi

Source: Google.com

Restoran bernama Hatay Medeniyetler Sofrasi mempunyai 3 cabang di Istanbul Turki. Menu makanannya terkenal dengan size jumbonya dan sangat menggugah selera. Tidak hanya menyediakan kuliner khas Turki, restoran ini juga memasak pizza, burger, dan hot dog. 

Banyak kalangan selebritis yang mampir ke restoran ini saat berkunjung ke Istanbul. Tidak hanya selebritis dan tokoh dunia seperti Mesut Ozil atau Raja Tamim dari Qatar, bahkan presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga pernah mengunjungi restoran ini.

Hafiz Mustafa 1864 İstiklal

Hafiz Mustafa 1864 İstiklal

Source: Google.com

Ketika kalian sedang di Istanbul dan sedang berjalan-jalan di Istiqlaliyah Caddesi (jalan paling terkenal di Istanbul), kalian wajib mencoba kelezatan dari kuliner Turki di Hafiz Mustafa 1864 İstiklal. Kafe ini memiliki pelayanan yang sangat baik, serta menyediakan berbagai macam makanan penutup yang sangat enak. Salah satu kuliner Turki terfavorit di kafe ini adalah Eclair dan Baklava.

İçli Köfte

İçli Köfte

Source: Google.com

İçli Köfte merupakan sajian kue legit khas kuliner Turki yang ada di Istanbul. Kue ini dibuat dari tepung terigu, daging cincang, dan peterseli dan kacang pinus panggang. Sajian ini dapat dengan mudah ditemukan di pinggiran kota Istanbul dan di gerai-gerai lokal.

Balık Ekmek

Balık Ekmek

Source: Google.com

Balık Ekmek adalah sajian kuliner Turki yang berbentuk sandwich berisi ikan, salad, tomat, dan bawang bombay. Dengan rasa yang gurih serta tekstur yang lembut, Balik Ekmek sangat cocok dipadupadankan dengan saus pedas.

Kokoreç

Kokoreç

Source: Google.com

Kokoreç merupakan kuliner khas Turki yang sangat populer di Istanbul. Kokoreç terbuat dari daging domba yang dipotong kecil-kecil lalu di tusuk menyerupai sate. Lalu daging domba yang sudah ditusuk dibumbui tersebut dipanggang dan siap disajikan. 

Dürüm

Dürüm

Source: Google.com

Ketika berwisata ke Istanbul jangan lupa mencicipi Dürüm. Hidangan daging sapi yang diiris tipis-tipis lalu digulung dengan roti, sayur, keju leleh dan sayur ini memiliki cita rasa yang sangat gurih. Dürüm menjadi salah satu favorit wisatawan yang mencari kuliner khas Turki selama berwisata disana.

Tavuk Pilav

Tavuk Pilav

Source: Google.com

Kuliner Turki terakhir bisa dicoba adalah tavuk pilav. Bagi wisatawan yang ingin mengenyangkan perut ketika berada di Turki, makanan ini sangat cocok sebagai pilihannya. Hidangan ini berupa nasi gurih berlumur mentega, buncis dan daging ayam. Bagi pecinta makanan pedas, kalian dapat menambahkan saus pedas ke dalam sajian ini.

Tidak dapat dipungkiri kuliner Turki adalah salah satu alasan mengapa wisatawan berkunjung ke kota Istanbul Turki. Selain itu, keindahan kota Istanbul Turki juga membuat banyaknya minat wisatawan untuk berkunjung ke Istanbul Turki. Siap menjelajahi keindahan destinasi wisata Turki sambil menikmati kuliner khas Turki? Rencanakan liburan ke Turki dengan lebih nyaman dan berkesan bersama Jejak Imani. Mulai dari berkunjung ke tujuan wisata populer di Turki hingga pelayanan dan harga terbaik, hanya dengan Jejak Imani.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply