Keuntungan Umroh – Anda mungkin bertanya-tanya, apa saja keuntungan umroh? Sebelum melanjutkan apa saja keuntungan umroh, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu salah satu alasan utama mengapa Anda harus segera pergi umroh pada hadis berikut ini,

“Tidak boleh mengadakan perjalanan/safar kecuali menuju ke ketiga masjid: Masjid al Haram, masjid ar Rasul shallallahu alaihi wasallam, dan masjid al Aqsha.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Maksud dari hadis diatas adalah kita dilarang untuk berpergian ke negeri-negeri yang jauh dengan tujuan untuk beribadah ke tempat tersebut selain ke tiga masjid di atas. Contoh kita pergi ke negeri A untuk mengkhususkan ritual berziarah ke makam tertentu. Hal ini tidak diperbolehkan agar kita tidak mengkultuskan suatu tempat tertentu dan beribadah yang menyalahi aturan syariat. Alangkah baiknya tempat pertama yang dikunjungi oleh kita dalam safar terjauh kita adalah tiga masjid tersebut.

keuntungan umroh

Source: Google.com

Maka yang benar adalah kita berniat beribadah ke tiga masjid yang disebutkan dalam hadis diatas, yakni; Masjidil Haram, Masjid Nabawi dan Masjid Al Aqsa. Ketika umroh ke Tanah Suci, biasanya kita sudah bisa mencakup beribadah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Baqarah 158

۞ اِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَاۤىِٕرِ اللّٰهِ ۚ فَمَنْ حَجَّ الْبَيْتَ اَوِ اعْتَمَرَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِ اَنْ يَّطَّوَّفَ بِهِمَا ۗ وَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًاۙ فَاِنَّ اللّٰهَ شَاكِرٌ عَلِيْمٌ  

 

Innaṣ-ṣafā wal-marwata min sya’ā`irillāh, fa man ḥajjal-baita awi’tamara fa lā junāḥa ‘alaihi ay yaṭṭawwafa bihimā, wa man taṭawwa’a khairan fa innallāha syākirun ‘alīm

Artinya:

Sesungguhnya Safa dan Marwah merupakan sebagian syi‘ar (agama) Allah. Maka barangsiapa beribadah haji ke Baitullah atau berumrah, tidak ada dosa baginya mengerjakan sa‘i antara keduanya. Dan barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka Allah Maha Mensyukuri, Maha Mengetahui.

Dalam ayat ini menjelaskan kewajiban melakukan Sa’i antara Safa dan Marwah saat beribadah haji dan umroh. Ayat ini juga menjelaskan keutamaan bagi umat (muslim) yang mengerjakan ibadah haji dan umroh serta melakukan perintah Allah SWT sesuai dengan ayat diatas, akan mendapatkan ganjaran pahala yang berlimpah serta diampuni segala dosanya. Inilah janji Allah SWT bagi umatnya yang melakukan apa yang diperintahkan-Nya.

Begitu baik manfaat ibadah umroh bagi yang menjalankanya, lantas apa saja keuntungan umroh pada usia muda? Simak ulasannya dibawah ini,

  • Fisik Masih Prima

Beribadah umroh adalah ibadah yang membutuhkan stamina dan fisik yang prima. Anda yang dapat melakukan ibadah umroh pada usia muda tentu adalah karunia Allah yang besar karena Anda dapat melaksanakan rukun-rukun umroh serta ibadah sunnahnya dengan lebih optimal. 

  • Kemampuan Finansial

Berangkat umroh membutuhkan biaya yang tidak sedikit, kisaran puluhan juta belum termasuk uang saku serta tambahan biaya apabila Anda ingin membawa pulang oleh-oleh. Namun bagi Anda yang ingin umroh pada usia muda, keuntungannya adalah Anda dapat menyisihkan sebagian penghasilan untuk pergi umroh. 

Coba bandingkan apabila sudah usia lanjut (tua), banyak tanggungan yang harus Anda biayai seperti pendidikan anak, dana pensiun dan lainnya.

  • Daya Ingat Masih Baik

Tidak hanya membutuhkan fisik yang prima, ketika beribadah umroh Anda juga membutuhkan daya ingat yang kuat, guna menghafal doa, rukun, serta menghafal jalur-jalur ketika di Tanah Suci. Keuntungan umroh pada usia muda Anda dapat melakukan banyak hal tanpa banyak bergantung pada pendamping Anda ketika di Tanah Suci. 

  • Mampu Menjelajah

Hal menarik lain ketika umroh ke Tanah Suci, Anda dapat melakukan wisata kuliner dan city tour saat disana. Jadi Anda mempunyai banyak kesempatan untuk mendapatkan pengalaman yang indah, berkesan, serta tak terlupakan selama umroh.

  • Menjadi Bukti Taqwa & Keimanan

Siapa bilang mau umroh harus nunggu berusia lanjut (tua)? Selagi masih mudah, Anda tetap memiliki kewajiban dengan meningkatkan taqwa dan keimanan Anda untuk bekal di akhirat kelak. Anda bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari waktu ke waktu dengan menjadikan umroh sebagai titik balik untuk menjadi hamba yang taat kepada Allah ﷻ.

  • Membuka Pintu Rezeki

Dengan beribadah umroh, dapat menjadi pembuka pintu rezeki Anda. Keuntungan beribadah umroh pada usia muda, Anda bisa mendapatkan rezeki tak terduga dan salah satunya adalah dengan jalan melakukan umroh. Umroh adalah ibadah yang penuh dengan pengorbanan dan membutuhkan keIkhlasan. Dan dengan kita yakin bahwasanya Allah akan membalasnya dengan pahala yang baik, insya Allah, Allah ﷻ akan memberikan kebahagian di dunia dan di akhirat.

Apabila Anda memiliki niat suci untuk mengunjungi tanah suci dan bersungguh-sungguh untuk mewujudkannya, maka insya Allah impian Anda ke Tanah Suci akan diberikan jalan oleh Allah . Bila terkendala oleh biaya, tidak perlu risau, insya Allah banyak cara yang bisa dilakukan misalnya dengan menabung pemasukan sambil terus berharap dimudahkan rezekinya oleh Allah ﷻ.

Jejak imani kini memiliki solusi untuk mewujudkan ibadah umroh bagi umat Islam melalui Program Tabungan Umroh. Cukup dengan cara menabung sebesar Rp 23.000 per hari secara rutin di Program Tabungan Umroh Jejak Imani, anda dapat merealisasikan impian untuk beribadah umroh ke Tanah Suci.

Jejak Imani sebagai travel haji & umrah berakreditasi A dari Kementerian Agama Indonesia juga berkomitmen untuk membantu calon jamaah umroh yang terkendala dengan biaya, mari kenali dan lihat cara menabung umroh di Program Tabungan Umroh Jejak Imani. Manfaat lain dari menabung di Program Tabungan Umroh Jejak Imani, anda bisa memilih menabung berdasarkan jangka waktu selama 12, 24 bahkan 36 bulan dengan harga paket real yang berlaku pada saat jamaah berangkat. 

Dana jamaah juga tersimpan aman di rekening Bank Muamalat atas nama jamaah, bukan di rekening travel. Sistem seperti ini insya Allah terpercaya dan mencegah kasus uang dibawa kabur oleh biro perjalanan atau pihak tidak bertanggung jawab. Manfaat lain dari menabungkan pemasukan Anda di Program Tabungan Umroh Jejak Imani adalah Jejak Imani sudah bekerja sama dengan Bank Muamalat sebagai bentuk komitmen Jejak Imani menjadi travel umroh yang amanah dan terpercaya serta melindungi hak jamaah sebagai konsumen.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk rencanakan perjalanan umroh anda dan mulai di usia muda cukup dengan menabung Rp 23.000 perhari di Program Tabungan Umroh Jejak Imani dan wujudkan umroh ke Tanah Suci dari sekarang!

Mau perjalanan ibadah ke tanah suci lebih berkesan? Jejak Imani jawabannya.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply