Travel Umroh – Ketika ingin menjalankan ibadah haji maupun umroh, calon jamaah membutuhkan travel untuk mengurus semua keperluan untuk beribadah ke Tanah Suci.

Akhir-akhir ini banyak penipuan yang dilakukan oleh travel umroh yang tidak memiliki izin dan bahkan merugikan calon peserta haji dan umroh.

travel umroh

Source: Google.com

Agar niat baik kita untuk beribadah ke Tanah Suci tidak mengalami kendala kerugian tenaga, waktu, dan biaya, yang diakibatkan oleh travel umroh yang tidak amanah, berikut 5 tips memilih travel umroh terbaik dan terpercaya.

5 Tips Memilih Travel Umroh 

  • Lihat Izin Perusahaan Pihak Travel

Sebelum terdaftar di Kementerian Agama, travel umroh atau Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) harus memenuhi syarat yang sudah ditentukan dan beberapa dokumen yang harus dilengkapi antara lain:

  • Surat Izin Usaha Pariwisata
  • Tanda Daftar Perusahaan
  • NPWP Perusahaan
  • Surat Keterangan Domisili Perusahaan
  • SK Menteri Kehakiman: Akta Pendirian Perusahaan
  • SK Departemen Agama Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (sebagai penyelenggara perjalanan Ibadah Umroh)

Cara untuk mengetahui travel umroh yang terpercaya sebenarnya sangat mudah, cukup dengan melihat apakah travel umroh tersebut sudah resmi terdaftar di Kementerian Agama atau tidak.

  • Lihat History Perusahaan

Track record perusahaan juga merupakan aspek yang penting untuk diperhatikan. Mulai dari tanggal berdiri, kapan diresmikan, apakah pernah terkena kasus jamaah batal berangkat atau tidak, atau apakah ada jamaah dirugikan yang pernah melaporkan perusahaan tersebut.

Dengan begitu, kita dapat menilai apakah travel umroh tersebut terpercaya atau tidak. Maka wajib untuk meluangkan waktu terlebih dahulu untuk mempelajari sebelum memutuskan pilihan.

  • Mempunyai Tanggal Keberangkatan yang Jelas

Travel umroh yang terpercaya pasti akan melakukan booking tiket pesawat jauh-jauh hari agar seat jamaah aman dan jelas keberangkatannya sehingga jamaah pun aman untuk memilih tanggal keberangkatan sesuai jadwal pribadi dan ketersediaan seat dari pilihan paketnya.

Apabila travel sudah melakukan booking tiket, semua sudah tercatat di sistem maskapai dan jamaah bisa pasti insya Allah berangkat. Tidak ada cerita gagal berangkat karena tidak mendapatkan tiket pesawat.

  • Lihat Harga dan Fasilitas Paket yang Ditawarkan

Sebelum mendaftarkan diri ke travel umroh, kita dapat melihat terlebih dahulu paket yang ditawarkan. Hal yang perlu diperhatikan adalah fasilitas, pelayanan, serta harga yang ditawarkan, apakah sudah sesuai dengan budget yang kita miliki atau tidak.

Kita harus lebih teliti apabila ada travel umroh yang menawarkan paket dengan fasilitas mewah namun dengan harga yang sangat murah. Kementerian Agama Indonesia (Kemenag) juga sudah menetapkan harga minimal umroh sebesar 26 juta pada tahun 2021 sehingga jangan tergiur dengan harga yang lebih murah dari ketetapan Kemenag agar tidak tertipu dan gagal berangkat.

Kemenag juga melarang penjualan paket umroh menggunakan skema ponzi, sistem berjenjang, investasi bodong, MLM, dan sejenisnya yang berpotensi merugikan jamaah.

  • Pembayaran yang Jelas

Nomor 5 ini adalah poin yang sangat penting dan perlu diperhatikan. Perusahaan umroh yang profesional,  kredibel dan terpercaya akan menggunakan rekening yang diatasnamakan perusahaan tersebut (bukan rekening pribadi). 

Patut diwaspadai apabila perusahaan travel umroh menggunakan rekening pribadi untuk tujuan pembayaran karena akan sulit untuk diminta pertanggungjawabannya apabila terjadi suatu masalah kelak.

Itu dia lima tips agar kita dapat memilih travel umroh terbaik dan terpercaya dengan tepat. Kita harus lebih cermat sebelum menentukan pilihan travel umroh, agar tidak terkena kasus penipuan atau hal yang tidak diinginkan.

Untuk calon jamaah yang ingin berangkat umroh dan masih bingung dalam menentukan pilihan, travel umroh Jejak Imani dapat menjadi pilihan terbaik dan terpercaya. Mengapa harus memilih Jejak Imani?

Jejak Imani Travel Umroh & Islamic Tours adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa travel Biro Umroh, Islamic Halal Tour dan Haji. Jejak Imani berdiri sejak tahun 2014 dengan berbentuk Perseroan Terbatas (PT.) dengan nama PT. Jejak Imani Berkah Bersama. Jejak Imani sudah berizin resmi, dengan nomor PPIU No. U.553 Tahun 2020 dan akreditasi PPIU bernilai A dengan nomor 2020-PPIU 1-0011. Calon jamaah umroh juga dapat melihat detail jelasnya disini Tentang Kami. 

Bagi calon jamaah umroh yang masih terkendala mengumpulkan biaya beribadah umroh, dapat melihat program Tabungan Umroh Jejak Imani, sebagai solusi mempermudah jalan ke Tanah Suci, insya Allah.

Selain menawarkan cara menabung paling efisien dengan 3 keunggulan, yakni aman, transparan, Insya Allah pasti berangkat umrohnya. Dengan menggunakan Tabungan Umroh Jejak Imani, insya Allah niat kita untuk berangkat umroh terwujud sesuai dengan rencana.

Di Tabungan Umroh Jejak Imani, kita bisa memilih rencana tabungan umroh berdasarkan jangka waktu menabung 6, 12 bahkan 24 bulan dengan harga paket real yang berlaku saat ini. Kemudian dana jamaah tersimpan aman di rekening Bank Muamalat atas nama jamaah, bukan di rekening travel. Hal ini tentu bisa menghindari kasus uang dibawa kabur oleh biro perjalanan atau pihak tidak bertanggung jawab.

Tabungan Umroh Jejak Imani juga melakukan pengelolaan tabungan umroh secara transparan, dengan begitu jamaah juga dapat secara langsung mengetahui besaran tabungan umroh yang sudah disetorkan setiap bulannya. 

Selain itu, Tabungan Umroh Jejak Imani telah telah memperoleh SK PPIU Nomor U.533 Tahun 2020 Terakreditasi A atau reputasi yang baik. Dalam hal ini, Tabungan Umroh Jejak Imani juga telah bekerjasama dengan Bank Muamalat dan menjamin pengelolaan dana jamaah secara aman, transparan serta jaminan Insya Allah berangkat.

Mau berangkat umroh dan mencari travel umroh terbaik dan terpercaya? Jejak Imani jawabannya.

Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply