Masuknya bulan Ramadhan adalah waktu yang sangat dinanti bagi umat Muslim, tidak terkecuali mencari makanan unik untuk berbuka puasa maupun sahur. Bulan Ramadhan biasa dinamakan juga sebagai bulan yang suci dan ketika memasuki bulan Ramadhan, umat Muslim akan menjalani puasa selama sebulan penuh. Puasa Ramadhan hanya dilakukan oleh umat Muslim satu kali dalam setahun saja, tentunya pilihan menu makanan saat berbuka dan sahur menjadi sangat spesial pada bulan Ramadhan untuk meningkatkan semangat berpuasa.

ramadhan turki

Source: Google.com

Jika Anda sedang bingung mencari inspirasi menu makanan unik dan lezat pada bulan Ramadhan atau mungkin saat ini sedang berada di Turki dan bingung makanan apa yang cocok untuk menemani selama bulan Ramadhan di sana, Jejak Imani akan memberikan informasi penting perihal makanan khas Turki selama bulan Ramadhan. Berikut ada beberapa rekomendasi makanan Ramadhan khas Turki yang dapat menjadi pilihan terbaik selama bulan puasa.

  • Patlican Tava
Patlican Tava

Source: Google.com

Untuk satu jenis makanan ini, pasti sangat familiar dengan masyarakat Indonesia, ada yang bisa tebak? Pasti Anda merasa jenis makanan ini sangat mirip dengan makanan khas Indonesia yaitu balado terong. Ya, betul! Makanan khas Turki bernama Patlican Tava merupakan salah satu makanan yang berbahan dasar terong dan cabai, dan sangat cocok buat anda yang sedang mencari makanan pembuka di bulan Ramadhan apabila selama di Turki. Pembeda Patlican Tava dengan balado terong yang ada di Indonesia adalah adanya irisan daging pada panganan Turki yang satu ini sehingga akan menambah kenikmatan saat menyantap makanan ini ketika berbuka puasa  pada bulan Ramadhan. 

  • Roti Pita
Roti Pita

Source: Google.com

Makanan khas Turki Ramadhan selanjutnya adalah Roti Pita. Jika anda sedang berlibur ke Turki pada bulan Ramadhan, kami sarankan untuk mencicipi Roti Pita. Jenis roti ini mirip dengan kulit kebab, namun sebenarnya roti ini memiliki ketebalan yang lebih tebal dari roti kebab. Roti Pita memiliki rasa yang sangat gurih, dalam penyajiannya menggunakan sayur dan daging. Jenis makanan ini dapat dengan mudah ditemukan apabila Anda sedang berada di Turki, dan sangat tepat menjadi salah satu pilihan makanan ketika bulan Ramadhan karena rasanya yang ringan dan cocok dengan berbagai lauk khas Turki.

  • Baklava
Baklava

Source: Google.com

Membahas makanan khas Turki sebenarnya adalah banyak sekali pilihan menarik yang bisa Anda coba, terlebih ketika sedang berlibur selama bulan Ramadhan disana. Khusus untuk jenis makanan yang satu ini dapat Anda temui dengan mudah, terlebih ketika berlibur selama bulan Ramadhan di Turki, yaitu Baklava. Tidak hanya menjadi favorit masyarakat Turki, baklava juga makanan manis favorit bagi para turis mancanegara. Baklava terbuat dari adonan pastry tipis yang terdapat irisan pistachio, walnut yang sudah dicincang halus menggunakan gula dan madu sebagai isiannya. Rasa manis alami dari Baklava sangat cocok sebagai hidangan makanan saat berbuka untuk mengembalikan tenaga setelah seharian berpuasa ketika Anda sedang di Turki selama Ramadhan.

  • Shawarma

ShawarmaJenis makanan yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Di Indonesia jenis makanan ini biasa disebut dengan kebab, namun berbeda dengan penamaan di Turki yaitu Shawarma. Bagi Anda yang sedang berada di Turki, tidak ada salahnya untuk mencicipi jenis makanan yang satu ini. Shawarma berisikan dengan daging kambing dan diolah dengan olive oil ditambah dengan irisan sayur. Rasanya sudah pasti berbeda dengan yang ada di Indonesia namun tetap nikmat dengan ciri khasnya sendiri, sangat cocok untuk dijadikan pilihan makanan selama bulan Ramadhan di Turki.

  • Sup Mecimek
Sup Mecimek

Source: Google.com

Makanan terakhir yang wajib Anda coba ketika berlibur di Turki selama Ramadhan adalah Sup Mecimek. Bagi Anda yang suka dengan menu pembuka yang hangat, Sup Mecimek sangat cocok sebagai pilihan makanan untuk menemani pembuka pada bulan Ramadhan. Sup Mecimek terbuat dari kacang lentil dengan rasanya gurih nan lezat bergizi. Jenis makanan ini juga mengandung serat yang cukup tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi sebagai makanan pembuka apabila Anda sedang berlibur Ramadhan di Turki.

Itu dia beberapa rekomendasi makanan yang dapat Anda temui dan jadikan pilihan selama berlibur Ramadhan di Turki. Untuk Anda ingin berlibur ke Turki dapat menggunakan jasa travel yang insya Allah terpercaya yaitu Jejak Imani. 

Siap menjelajahi keindahan destinasi wisata Turki sambil mempelajari sejarah peradabannya? Rencanakan liburan ke Turki dengan lebih nyaman dan berkesan bersama Jejak Imani. Mulai dari berkunjung ke tujuan wisata populer di Turki hingga pelayanan dan harga terbaik, hanya dengan Jejak Imani.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply