Keutamaan Bulan Suci Ramadhan – Bulan Ramadhan adalah satu dari bulan yang sangat dinantikan oleh umat Muslim. Pada bulan Ramadhan umat Muslim akan mengerjakan puasa selama satu bulan penuh dan dapat mengerjakan ibadah-ibadah lainnya seperti tarawih.

Anjuran puasa pada bulan suci Ramadhan juga terdapat dalam Al-Quran, Allah ﷻ berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 183.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Artinya:

Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.

Dari Thalhah bin Ubaidillah ra. bahwa seseorang datang kepada Nabi Muhammad dan bertanya, 

“Ya Rasulullah, katakan padaku apa yang Allah wajibkan kepadaku tentang puasa?” Beliau menjawab, “Puasa Ramadhan”. “Apakah ada lagi selain itu?”. Beliau menjawab, “Tidak, kecuali puasa sunnah”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

keutamaan bulan suci ramadhan

Source: Google.com

  • Bulan yang Penuh Berkah

Keutamaan bulan suci Ramadhan yang pertama adalah penuh berkah. Dalam salah satu riwayat Nabi Muhammad bersabda.

“Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh keberkahan. Allah SWT telah mewajibkan kepada kalian berpuasa di dalamnya, di bulan itu pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup, di bulan itu setan-setan akan diikat, di bulan itu ada malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa terhalang mendapatkan kebaikannya maka sungguh ia telah terhalang.” (HR. An-Nasai)

  • Diampuni Dosa

Keutamaan bulan suci Ramadhan selanjutnya ialah diampuni dosa-dosa yang telah lalu sebagaimana yang sebutkan dalam salah satu riwayat Nabi Muhammad ﷺ.

“Siapa yang puasa Ramadhan dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang bangun malam Qadar dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari Muslim).

Selain itu, dalam riwayat lain Nabi Muhammad ﷺ bersabda.

“Sholat lima waktu dan Jum’at ke Jum’at berikutnya, Ramadhan, ke Ramadhan berikutnya menghapus dosa (seseorang) di antara waktu tersebut selama ia menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim).

  • Pahala Dilipatgandakan

Keutamaan bulan suci Ramadhan yang ketiga ialah pahala dilipat gandakan. Nabi Muhammad ﷺ bersabda.

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah SWT berfirman (yang artinya) “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku.” (HR. Muslim).

  • Mendapatkan Kebahagiaan

Keutamaan bulan suci Ramadhan selanjutnya ialah mendapatkan kebahagiaan. Nabi Muhammad ﷺ bersabda.

“Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya.” (HR. Muslim).

  • Dibukanya Pintu Surga

Dan keutamaan bulan suci Ramadhan yang terakhir ialah dibukanya pintu surga. Dari Abu Hurairah ra, Nabi Muhammad ﷺ  bersabda.

“Jika telah datang bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka akan ditutup dan setan-setan akan dibelenggu dengan rantai.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Itu dia berbagai keutamaan bulan suci Ramadhan serta penjelasannya. Bila memasuki bulan suci Ramadhan, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu keutamaan yang terdapat pada bulan suci Ramadhan agar lebih mempersiapkan diri dan juga memaksimalkan ibadah terbaik selama bulan suci Ramadhan.

Teruntuk umat muslim yang sedang mempersiapkan bulan Ramadhan pada tahun ini, dapat mengunduh jadwal Imsakiyah puasa Ramadhan disini dan bagi Anda yang ingin berpuasa sambil menjelajahi keindahan Turki juga dapat melihat paket di Jejak Imani.

 

Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply