Keistimewaan Hari Jumat – Sudah bukan rahasia umum, bahwasanya hari jumat adalah hari yang sangat istimewa bagi umat Islam. Hal itu berdasarkan dari beberapa hadis Nabi Muhammad . Nabi Muhammad bersabda,

“Hari Jum’at terdiri dari dua belas waktu. Tidak ada seorang hamba muslim pun yang saat itu meminta pada Allah melainkan Allah mengabulkannya. Carilah (waktu yang mustajab) di akhir waktu tersebut, yaitu setelah shalat Ashar.” (HR. Muslim)

Keistimewaan Hari Jumat

Source: Google.com

Lantas ada pula keistimewaan hari jumat yang dirangkum jejakimani.com dari hadis Nabi Muhammad ﷻ, mari simak selengkapnya di bawah sini.

Keistimewaan Hari Jumat

  • Pertama Kalinya Nabi Adam AS Diciptakan

Hadis Nabi Muhammad   yang diriwayatkan oleh Muslim dan Tirmidzi. Hari Jumat adalah di mana hari Allah menciptakan nabi Adam. Nabi Muhammad bersabda,

“Sebaik-baik hari yang pada hari itu mata hari terbit adalah hari Jumat, pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat.” (HR. Muslim dan Tirmidzi).

  • Beribadah Pada Hari Jumat Menghapus Dosa Sepekan

Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad bersabda,

“Barangsiapa yang mandi lalu berangkat Jumat, kemudian mendirikan shalat semampunya, selanjutnya diam mendengarkan khutbah hingga selesai kemudian shalat bersama imam, niscaya akan diampuni dosa-dosanya antara Jumat itu hingga Jumat berikutnya dan ditambah tiga hari lagi.” (HR. Muslim).

  • Meninggal Pada Hari Jumat Dijauhkan dari Fitnah Kubur

Diantara keistimewaan hari jumat, terdapat pula keistimewaan bagi umat Islam yang meninggal pada malam atau hari jumat akan mendapatkan peluang besar memperoleh husnul khatimah (akhir kehidupan yang baik) dan dijauhkan dari fitnah kubur. 

Dari Abdullah bin ‘Amr RA, Nabi Muhammad bersabda,

“Tidaklah seorang muslim meninggal dunia pada hari Jumat atau pada malam Jumat melainkan Allah akan melindunginya dari fitnah (pertanyaan) kubur.” (HR. Tirmidzi, Ahmad, Humaid, Abu Ya’la, dan Al-Baihaqi).

  • Sholat Subuh Pada Hari Jumat adalah Sholat Subuh Paling Afdal

Melaksanakan sholat subuh adalah suatu kewajiban yang patut dilakukan oleh umat Islam dan ternyata, sholat subuh yang dilakukan secara berjamaah pada hari jumat memiliki keistimewaan tersendiri dibanding hari lainnya. 

Dari Ibnu Umar, Nabi Muhammad bersabda,

“Salat paling afdhal di sisi Allah adalah Salat Subuh pada hari Jumat secara berjamaah”. (HR. Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman dan dishahihkan oleh Syekh Al-Albani).

  • Bagi yang Bersedekah pada Hari Jumat Akan Mendapatkan Pahala Berlipat

Tidak hanya itu, keistimewaan lain pada hari jumat juga diberikan kepada umat Islam yang bersedekah pada hari tersebut. Nabi Muhammad bersabda,

“Sedekah itu dilipat gandakan pahalanya pada hari Jumat (yakni bila sedekah itu pada hari Jumat maka pahala berlipat ganda dari hari lain.” (HR. Abi Syaibah).

Semoga kita dapat mengambil hikmah dengan mengetahui keistimewaan hari jumat bagi umat Islam, sehingga lebih mantap dalam menjalani ibadah dan sunnah ketika hari Jumat. Insya Allah, kita dapat memberikan ikhtiar terbaik sebagai bentuk ketaqwaan kita terhadap Allah  sekaligus menyempurnakan amalan kita.

Rencanakan ibadah haji dengan waktu tunggu yang lebih singkat dan miliki pengalaman haji lebih nyaman dengan paket dan program terbaik di Jejak Imani. Dapatkan waktu antri haji yang singkat dengan fasilitas bintang 5, disini.

Wujudkan niat baik Anda berumroh dan menuntaskan kerinduan kepada Baginda Rasulullah ﷺ, cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci akan terlaksana. Dapatkan program menarik dari Jejak Imani khusus untuk Anda, yaitu Program Tabungan Umroh yang insya Allah mempermudah jalan Anda berumroh.

Tidak ada kata berhenti untuk belajar, sembari menunggu umroh kembali dibuka, Jejak Imani mempersembahkan Kelas Online Premium “Ibrahim Series”, kisah manusia paling mesra kepada Allah ﷻ yaitu Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dengan bimbingan langsung oleh Ustadz H. Salim A. Fillah. Simak bagaimana sirah kehidupan syarat hikmah Nabiyullah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam disini (Gunakan kode voucher: ibrahim) untuk mendapatkan potongan harga Rp 50.000.

Jejak Imani juga dapat mengantarkan Anda mempelajari sejarah peradaban Islam sambil menikmati indahnya alam di salah satu negara wisata favorit orang Indonesia yaitu, Turki, mulai dari 10 jutaan, Anda sudah bisa berwisata ke Turki, silakan pelajari selengkapnya disini.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply