Hikmah Isra Miraj – Isra Miraj secara umum diperingati setiap 27 Rajab menurut kalender Islam tepatnya pada hari ini, Senin, 28 Februari 2022. Isra Miraj merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam yang harus diketahui oleh setiap umat Muslim. Pasalnya, melalui peristiwa inilah Rasulullah ﷺ untuk pertama kalinya mendapatkan perintah shalat lima waktu.

Hikmah Isra Miraj

Source: Google.com

Isra adalah perjalanan Nabi Muhammad ﷺ dari Masjid Al-Haram ke Masjid Al-Aqsa di Palestina. Sedangkan, Miraj adalah peristiwa naiknya Nabi Muhammad ﷺ dari Masjid Al-Aqsa ke langit ketujuh sampai ke Sidratul Muntaha untuk menghadap Allah ﷻ.

Peristiwa Isra Miraj ini dijelaskan dalam firman Allah ﷻ, yaitu pada surat Al Isra ayat 1.

Artinya: “Maha Suci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.”

Peristiwa Isra Miraj dilatarbelakangi oleh kondisi Rasulullah ﷺ yang tengah mengalami duka cita setelah ditinggal sang istri, Khadijah, dan pamannya, Abu Thalib. Dalam keadaan penuh ujian yang berat tersebut, Allah ﷻ memberikan mukjizat kepada Rasulullah ﷺ untuk menambah kekuatan batinnya melalui peristiwa ini.

Hikmah Isra Miraj

Adapun hikmah yang dapat dipetik dari peristiwa Isra Miraj adalah sebagai berikut.

  • Mendirikan shalat 5 waktu sesuai perintah Allah ﷻ yang disampaikan saat peristiwa Isra miraj.
  • Meyakini bahwa setelah kesulitan pasti akan datang kemudahan dari Allah ﷻ.
  • Meyakini bahwa segala kesulitan serta ujian yang datang bisa menjadi cara untuk meningkatkan iman kita kepada Allah ﷻ.
  • Semakin mengimani dan meyakini bahwa Nabi Muhammad ﷺ adalah utusan Allah ﷻ.
  • Meyakini kekuasaan Allah ﷻ. Peristiwa diangkatnya Nabi Muhammad ﷺ ke langit ketujuh mungkin terdengar mustahil. Namun, peristiwa itu benar terjadi atas kuasa dan kehendak Allah ﷻ.

Dengan mengetahui hikmah Isra Miraj di atas, semoga dapat menambah keimanan kita kepada Allah ﷻ serta Nabi dan Rasul-Nya.

Jejak Imani juga memfasilitasi beberapa program yang dapat Anda pilih dan Insya Allah program yang Jejak Imani miliki dapat bermanfaat untuk Anda, baik dengan menambah ilmu dan begitu pula menambah ketaqwaan kita terhadap Allah ﷺ. Berikut selengkapnya di bawah sini!

Bagi Anda yang terkendala biaya umroh, tidak perlu khawatir karena Jejak Imani memiliki program Tabungan Umroh. Wujudkan niat baik Anda berumroh dan menuntaskan kerinduan kepada Baginda Rasulullah ﷺ, cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci insya Allah akan terlaksana. Dapatkan Program Tabungan Umroh 2022 khusus untuk Anda, yaitu Program Tabungan Umroh yang insya Allah mempermudah jalan Anda berumroh. Silakan kontak tim kami disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis)

Jejak Imani memiliki layanan Badal Umroh 2022 yang dilakukan secara langsung oleh tim khidmat Jejak Imani yang berada di Tanah Suci. Dapatkan biaya badal umroh khusus 2022 mulai 2 juta-an saja. Dengan biaya tersebut Anda sudah dapat mengumrohkan orangtua/keluarga/saudara yang sedang sakit keras ataupun yang sudah tidak mampu berumroh ataupun sudah meninggal. Wujudkan niat baik mengumrohkan sanak keluarga maupun kerabat dengan menghubungi tim Jejak Imani perihal Program Badal Umroh disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis) 

Jejak Imani Travel Haji, Umroh & Islamic Tours adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa travel Biro Haji, Umroh & Islamic Halal Tour. Jejak Imani berdiri sejak tahun 2014 dengan berbentuk Perseroan Terbatas (PT.) dengan nama PT. Jejak Imani Berkah Bersama. Jejak Imani sudah berizin resmi, dengan nomor PPIU No. U.553 Tahun 2020 dan akreditasi PPIU bernilai A dengan nomor 2020-PPIU 1-0011. Anda juga dapat melihat detail jelasnya disini Tentang Kami. 

Jejak Imani juga memiliki paket haji dengan waktu tunggu yang lebih singkat dan dapatkan pengalaman haji yang lebih nyaman bersama Jejak Imani disini

Anda juga dapat mempelajari paket haji yang terdapat di Jejak Imani, yaitu:

  1. Haji Tanpa Antri.
  2. Haji dengan Waktu Tunggu 5 Tahun.

 

Bagi Bapak/Ibu yang ingin berhaji namun terkendala biaya, Jejak Imani juga memiliki program Tabungan Haji. Untuk lebih detailnya Anda dapat menanyakan dahulu disini (Konsultasi Tabungan Haji Gratis).

Sempurnakan Rukun Islam dengan berhaji lebih nyaman dengan menikmati fasilitas bintang 5 bersama Jejak Imani.

Tidak ada kata berhenti untuk belajar, sembari menunggu umroh kembali dibuka, Jejak Imani mempersembahkan Kelas Online Premium “Ibrahim Series”, kisah manusia paling mesra kepada Allah ﷻ yaitu Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dengan bimbingan langsung oleh Ustadz H. Salim A. Fillah. Simak bagaimana sirah kehidupan syarat hikmah Nabiyullah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam disini.

Ingin perjalanan ibadah Haji, Umroh & Islamic Halal Tour Anda lebih aman dan terpercaya? Jejak Imani jawabannya, insya Allah.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply