Liburan di Masa Pandemi – Di masa pandemi Covid-19 ini, rasa stress, bosan, maupun kesepian adalah hal yang banyak dirasakan oleh sebagian besar masyarakat. Oleh karena itu, wajar apabila berlibur menjadi salah satu kebutuhan untuk mengatasi rasa jenuh. Sebelum melakukan liburan di masa pandemi, mari baca terlebih dahulu tips aman liburan di masa pandemi berikut ini agar lebih aman dan nyaman saat liburan.

Sejak pemerintah menerapkan peraturan adaptasi kebiasaan baru, sebagian tempat wisata sudah boleh dikunjungi (lokal maupun mancanegara). Meskipun begitu, hingga saat ini, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia masih tinggi.

liburan di masa pandemi

Source: Google.com

 

Di tengah kondisi pandemi yang belum berakhir, mau tidak mau kita dipaksa untuk lebih banyak berdiam di rumah dan melakukan kegiatan di rumah demi menjaga diri dan keluarga. Meskipun begitu, liburan di masa pandemi boleh saja dan tidak dilarang lagi untuk dilakukan agar dapat menyegarkan fisik, psikis dan pikiran dari jenuhnya kegiatan monoton di rumah, WFH dan sekolah daring anak.

Sebaiknya, sebelum menjalankan liburan di masa pandemi, kita harus memahami protokol kesehatan yang menjadi syarat wajib agar dapat menjaga diri sendiri dan juga masyarakat lain disekitar kita selama liburan.

Tips Liburan di Masa Pandemi

Berikut adalah 4 tips liburan di masa pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang aman, nyaman sambil tetap menjaga diri, keluarga maupun orang di sekitar kita.

  • Pastikan tubuh dalam keadaan sehat

Sebelum memutuskan untuk liburan di masa pandemi, pastikan diri sendiri dan anggota keluarga kita dalam keadaan yang sehat. Saat sakit atau tidak dalam kondisi prima, daya tahan tubuh cenderung menurun. Hal ini bisa memudahkan berbagai penyebab penyakit, termasuk virus corona, masuk ke tubuh selama liburan. Bisa jadi juga, kita malah jadi penyebab orang lain tertular penyakit yang kita bawa. Oleh karena itu, wajib berada dalam kondisi sehat jika ingin liburan di masa pandemi.

Beberapa tempat tujuan wisata, terutama yang berada di wilayah luar daerah tempat tinggal kita, mewajibkan wisatawan untuk melakukan rapid test atau swab antigen sebelum berangkat. Pada beberapa moda transportasi umum, diwajibkan pula untuk melakukan tes Genose. Bila perlu, kita juga bisa melakukan tes PCR yang hasilnya lebih akurat. Selain untuk memastikan kesehatan diri sendiri, kita juga melindungi orang lain di sekitar tempat wisata nanti.

  • Pilih tempat yang tidak ramai

Virus Covid-19 lebih mudah menular di tempat yang tertutup dan padat orang. Oleh karena itu, pilihlah tempat berlibur yang luas, terbuka, dan tidak terlalu ramai, misalnya pantai atau kebun teh dan tempat outdoor lain, supaya bisa menerapkan physical distancing dengan mudah.

Bila ingin ke luar kota, sangat penting pula untuk mengecek terlebih dahulu tinggi atau rendahnya kasus penyebaran virus Covid-19 di tempat yang akan dikunjungi dari media, televisi atau internet.

Selain itu, jika menginap di hotel, pastikan hotel tempat menginap sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan sesuai standar yang ditetapkan pemerintah. Wisatawan dapat bisa memastikan ini dengan melihat website maupun konfirmasi langsung dengan menelepon.

  • Bawa peralatan pribadi

Jangan lupa untuk membawa peralatan pribadi, seperti alat sholat, handuk, sikat gigi, tempat minum, dan alat makan. Hal ini merupakan salah satu cara untuk mencegah kemungkinan penularan virus Covid-19 dari barang-barang yang dipakai bersama. Dan pastikan juga agar setiap anggota keluarga juga membawanya.

  • Selalu menyediakan masker dan hand sanitizer

Dimanapun kita berada, pastikan untuk selalu mengenakan masker, meskipun kita dan orang-orang di sekitar terlihat sehat. Bawalah beberapa masker agar bisa diganti per 4-6 jam.

Selain itu, penting juga untuk selalu membawa hand sanitizer, karena tidak semua tempat menyediakan  tempat mencuci tangan.

Seperti itulah tips aman berlibur saat pandemi yang perlu diterapkan. Kendati kita dan keluarga sudah diperbolehkan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata, tetap utamakan kesehatan diri selama berlibur di saat pandemi dan tetap menerapkan 5 M protokol kesehatan berikut:

  1. Memakai Masker
  2. Mencuci Tangan
  3. Menjaga Jarak
  4. Menjauhi Kerumunan
  5. Mengurangi Mobilitas

Namun bagi yang ingin liburan di masa pandemi ini, Turki bisa menjadi pilihan terbaik karena telah menerapkan Save Tourism secara nasional dan aman bagi Turis Mancanegara. 

Turki adalah salah satu negara yang tetap membuka pintu pariwisata dan mudah dikunjungi. Selain menawarkan keamanan protokol kesehatan Covid-19 yang sudah bersertifikat nasional dan dipantau dengan baik oleh Pemerintah Turki, 

Turki juga memiliki keindahan yang membuat banyaknya minat wisatawan untuk mengunjunginya. Siap menjelajahi keindahan destinasi wisata Turki dengan protokol kesehatan yang aman? Rencanakan liburan ke Turki dengan lebih nyaman dan berkesan bersama Jejak Imani. Mulai dari berkunjung ke tujuan wisata populer di Turki hingga pelayanan dan harga terbaik, hanya dengan Jejak Imani.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply