Keistimewaan Bulan Syaban 1443 – Bulan Syaban 1443 H jatuh pada Jumat (4/3/2022). Pada bulan ini adalah persiapan menyambut bulan suci Ramadhan.

Keistimewaan Bulan Syaban 1443

Source: Google.com

Syaban adalah bulan yang istimewa karena terdapat nilai keagungan yang tinggi dalam sistem penanggalan tahun Islam.

Berikut keistimewaan bulan Syaban 1443,

  1. Di bulan Syaban Allah menurunkan ayat perintah bersholawat kepada Rasulullah .

Hal ini disebutkan dalam Surat Al Ahzab ayat 56:

 

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا 

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” (QS Al Ahzab ayat 56).

  1. Bulan Syaban adalah bulan di mana Rasulullah paling banyak melakukan puasa.

Aisyah RA meriwayatkan:

“Adalah Rasulullah SAW berpuasa sehingga kami mengatakan bahwa Beliau tidak berbuka dan Beliau berbuka sehingga kami mengatakan bahwa Beliau tidak berpuasa. Dan tidak pernah saya melihat Beliau lebih banyak berpuasa dalam sebulan yang lebih banyak daripada bulan Syaban,” (HR Muslim).

  1. Bulan Syaban juga merupakan bulan diangkatnya amalan manusia kepada Allah Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah :

“Dari Usamah ibn Zaid, beliau berkata, ‘ Aku berkata, ‘Ya Rasulullah, aku melihat Engkau berpuasa dalam sebulan yang tidak aku lihat Engkau berpuasa seperti demikian dalam bulan yang lain.’ Rasulullah SAW bersabda, ‘Bulan Syaban adalah bulan antara Rajab dan Ramadhan yang banyak manusia melalaikannya.

Dalam bulan Sya’ban diangkat amalan manusia maka aku cintai tidak diangkatkan amalanku kecuali aku dalam keadaan berpuasa.’ Aku berkata, ‘Aku melihat Engkau berpuasa hari Senin dan Kamis dan tidak Engkau tinggalkan keduanya.”

Rasulullah SAW menjawab, ‘Sesungguhnya amalan hamba diangkat dalam kedua hari tersebut, maka aku cintai tidak diangkatkan amalanku kecuali aku sedang dalam keadaan puasa,” (HR Al Baihaqi).

  1. Adanya Malam Nishfu Syaban

Malam Nishfu Syaban adalah malam pertengahan bulan Syaban atau tanggal 15 Syaban Jumat (18/3/2022). Pada malam ini merupakan malam termulia setelah malam Lailatul Qadar.

Umat Muslim meyakini pada alam Nishfu Syaban dua malaikat pencatat amal sehari-hari manusia yakni Raqib dan Atid, menyerahkan catatan amalan manusia kepada Allah. Pada malam itu, buku catatan amal yang digunakan tiap tahun diganti dengan yang baru.

Para ulama mengatakan nishfu syaban juga dinamakan malam pengampunan karena pada malam itu, Allah menurunkan pengampunan dan mengabulkan permohonan kepada hamba-Nya yang soleh.

Demikian uraian mengenai keistimewaan bulan Syaban 1443 yang perlu Anda ketahui. Karena terdapat keistimewaan pada bulan ini yang sayang untuk disia-siakan. Semoga bermanfaat dan menambah ketaqwaan kita semua terhadap Allah ﷻ. 

Jejak Imani juga memfasilitasi beberapa program yang dapat Anda pilih dan Insya Allah program yang Jejak Imani miliki dapat bermanfaat untuk Anda, baik dengan menambah ilmu dan begitu pula menambah ketaqwaan kita terhadap Allah ﷺ. Berikut selengkapnya di bawah sini!

Umroh untuk jamaah Indonesia sudah dapat dilakukan pada tahun 2022 ini. Bagi Anda yang sudah rindu ke Tanah Suci dan ingin melakukan perjalanan ibadah umroh pada 2022, Anda dapat berangkat lebih nyaman bersama Jejak Imani. Lihat Paket Umroh 2022 Jejak Imani disini. Dan jika Anda ingin mengetahui informasi paket dan jadwal keberangkatan yang ada di Jejak Imani Anda dapat kontak tim kami disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis).

Bagi Anda yang terkendala biaya umroh, tidak perlu khawatir karena Jejak Imani memiliki program Tabungan Umroh. Wujudkan niat baik Anda berumroh dan menuntaskan kerinduan kepada Baginda Rasulullah ﷺ, cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci insya Allah akan terlaksana. Dapatkan Program Tabungan Umroh 2022 khusus untuk Anda, yaitu Program Tabungan Umroh yang insya Allah mempermudah jalan Anda berumroh. Silakan kontak tim kami disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis)

Jejak Imani memiliki layanan Badal Umroh 2022 yang dilakukan secara langsung oleh tim khidmat Jejak Imani yang berada di Tanah Suci. Dapatkan biaya badal umroh khusus 2022 mulai 2 juta-an saja. Dengan biaya tersebut Anda sudah dapat mengumrohkan orangtua/keluarga/saudara yang sedang sakit keras ataupun yang sudah tidak mampu berumroh ataupun sudah meninggal. Wujudkan niat baik mengumrohkan sanak keluarga maupun kerabat dengan menghubungi tim Jejak Imani perihal Program Badal Umroh disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis) 

Jejak Imani Travel Haji, Umroh & Islamic Tours adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa travel Biro Haji, Umroh & Islamic Halal Tour. Jejak Imani berdiri sejak tahun 2014 dengan berbentuk Perseroan Terbatas (PT.) dengan nama PT. Jejak Imani Berkah Bersama. Jejak Imani sudah berizin resmi, dengan nomor PPIU No. U.553 Tahun 2020 dan akreditasi PPIU bernilai A dengan nomor 2020-PPIU 1-0011. Anda juga dapat melihat detail jelasnya disini Tentang Kami. 

Jejak Imani juga memiliki paket haji dengan waktu tunggu yang lebih singkat dan dapatkan pengalaman haji yang lebih nyaman bersama Jejak Imani disini

Anda juga dapat mempelajari paket haji yang terdapat di Jejak Imani, yaitu:

  1. Haji Tanpa Antri.
  2. Haji dengan Waktu Tunggu 5 Tahun.

 

Bagi Bapak/Ibu yang ingin berhaji namun terkendala biaya, Jejak Imani juga memiliki program Tabungan Haji. Untuk lebih detailnya Anda dapat menanyakan dahulu disini (Konsultasi Tabungan Haji Gratis).

Sempurnakan Rukun Islam dengan berhaji lebih nyaman dengan menikmati fasilitas bintang 5 bersama Jejak Imani.

Tidak ada kata berhenti untuk belajar, sembari menunggu umroh kembali dibuka, Jejak Imani mempersembahkan Kelas Online Premium “Ibrahim Series”, kisah manusia paling mesra kepada Allah ﷻ yaitu Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dengan bimbingan langsung oleh Ustadz H. Salim A. Fillah. Simak bagaimana sirah kehidupan syarat hikmah Nabiyullah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam disini.

Ingin perjalanan ibadah Haji, Umroh & Islamic Halal Tour 2022 Anda lebih aman dan terpercaya? Jejak Imani jawabannya, insya Allah.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply