Tahajud –  Tahajud berasal dari kata tahajjada yang sama artinya seperti isti’adzah, yang mengartikan terjaga, sengaja bangun, atau sengaja tidak tidur. Tahajud merupakan sholat yang dilakukan tengah malam hingga dini hari setelah tidur di malam hari.

tahajud

Source: Google.com

Dan sesungguhnya sholat malam merupakan salah satu bentuk ibadah yang mulia sebagaimana firman Allah ﷻ  dalam QS. Al Isra’ ayat 79 berikut,

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

Artinya:

Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.

Sholat tahajud hukumnya sunnah muakkadah (sunnah yang ditekankan), yakni mendapatkan pahala jika dilaksanakan dan tidak berdosa jika ditinggalkan. Seseorang yang menjalankan sholat tahajud akan memperoleh kenikmatan dan keistimewaan dari Allah . Lantas apa saja keajaiban yang didapati bagi umat Islam yang melakukan sholat tahajud? Simak selengkapnya disini.

Menghapus Dosa

Keajaiban sholat tahajud selanjutnya yakni dihapus dosanya. Dalam sebuah hadis Nabi Muhammad bersabda,

“Shalat tahajud dapat menghapus dosa, mendatangkan ketenangan, dan menghindarkan diri dari penyakit.” (HR. Tirmidzi).

Dalam hadis tersebut tak hanya menghapus dosa, keajaiban sholat tahajud juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, yaitu dapat mendatangkan ketenangan dan menghindarkan diri dari penyakit.

Dikabulkan Doanya

Keajaiban sholat tahajud yang rutin dilakukan senantiasa dikabulkannya doa kita Nabi Muhammad bersabda,

“Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari).

Dijamin Masuk Surga

Keajaiban sholat tahajud berikutnya yakni bisa menjadi jembatan masuk surga. Allah ﷻ telah menjanjikan surga bagi hamba yang taat kepada-Nya. Sebaliknya, Dia menjadikan neraka sebagai hukuman bagi hamba yang durhaka kepada-Nya.

Selain itu, Allah ﷻ juga telah menunjukkan kepada kita cara-cara untuk menggapai surga-Nya. Salah satu cara untuk masuk surga adalah dengan melaksanakan sholat tahajud. Diceritakan dari Abdullah bin Salam RA bahwasanya Nabi Muhammad bersabda,

“Wahai sekalian manusia, sebarluaskanlah ucapan salam, berikanlah makanan dan sholatlah kamu pada malam sewaktu manusia sedang tidur: niscaya kamu sekalian akan masuk surga dengan selamat”. (HR Tirmidzi).

Amalan yang Membantu di Akhirat

Ada juga ayat yang terkandung di dalam Al-quran terkait keajaiban sholat tahajud. Dalam surat Az-Zariyat ayat 15-18 telah disebutkan bahwa orang yang senantiasa melakukan sholat tahajud, insyaAllah akan mendapatkan sebuah balasan yang setimpal yang diberikan oleh Allah ﷻ ketika kelak sudah berada di akhirat. Firman Allah ﷻ  dalam QS. Az-Zariyat ayat 15-18,

اِنَّ الْمُتَّقِيْنَ فِيْ جَنّٰتٍ وَّعُيُوْنٍۙ اٰخِذِيْنَ مَآ اٰتٰىهُمْ رَبُّهُمْ ۗ اِنَّهُمْ كَانُوْا قَبْلَ ذٰلِكَ مُحْسِنِيْنَۗ كَانُوْا قَلِيْلًا مِّنَ الَّيْلِ مَا يَهْجَعُوْنَ وَبِالْاَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُوْنَ

 

Artinya:

  1. Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (surga) dan mata air, 16. mereka mengambil apa yang diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat baik; 17. mereka sedikit sekali tidur pada waktu malam; 18. dan pada akhir malam mereka memohon ampunan (kepada Allah).

 

Semoga dari pembahasan ini, Anda dapat mengetahui manfaat dan keajaiban yang terdapat apabila melakukan ibadah sholat tahajud. Insya Allah, kita semua selalu dalam keadaan sehat dan semakin bertaqwa kepada kepada Allah ﷻ. 

Bagi Anda yang berencana melaksanakan ibadah haji dan ingin waktu tunggu yang lebih singkat, Anda dapat melihat paket dan program terbaik khusus yang terdapat di Jejak Imani. Dapatkan waktu antri yang singkat sambil menikmati fasilitas bintang 5, disini.

Apabila Anda ingin beribadah umroh terlebih dahulu, namun terkendala oleh biaya atau waktu (akibat pandemi Covid-19) Anda juga dapat melihat Program menarik dari Jejak Imani, yaitu Program Tabungan Umroh. Cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci akan terlaksana.

Mari pelajari kisah manusia paling mesra kepada Allah ﷻ yaitu Nabi Ibrahim AS dengan bimbingan langsung oleh Ustadz H. Salim A. Fillah sekaligus meraih ketenangan dalam hidup dengan mempelajari sirah kehidupan syarat hikmah dari Nabi Ibrahim AS, Anda dapat mendaftarkan diri disini (Gunakan kode voucher: ibrahim) untuk mendapatkan potongan harga Rp 50.000.

Jejak Imani juga dapat memfasilitasi Anda berlibur ke negara Turki. Mempelajari peradaban Islam disana, sambil menikmati keindahan alamnya, bisa Anda dapatkan paketnya disini.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply