Vaksin adalah salah satu persyaratan yang perlu dilakukan oleh para calon jamaah haji dan umroh (umrah) sebelum berangkat ke Tanah Suci. Menggunakan vaksin sebelum menunaikan ibadah haji dan umroh sangat penting dilakukan untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Dengan begitu para jamaah yang beribadah di Tanah Suci akan merasa lebih aman dan nyaman selama beribadah disana.

vaksin haji umroh

Source: Google.com

Ingin tahu jenis vaksin apa saja yang diperlukan sebelum berangkat haji dan umroh? Berikut 4 jenis vaksin yang diperlukan sebelum melaksanakan ibadah haji dan umroh.

4 Jenis Vaksin Haji dan Umroh

  • Vaksin Influenza

Vaksin influenza dianjurkan dilakukan pada para calon jamaah haji dan umroh (umrah) anak-anak, lansia, dan wanita hamil. Vaksin ini tidak diwajibkan pemerintah Arab Saudi maupun Indonesia, tapi disarankan melakukannya sebagai ikhtiar pencegahan penyakit. Selain itu, vaksin ini juga perlu diberikan kepada para calon jamaah dengan kondisi tertentu, seperti:

  • Asma
  • Gagal jantung kronis
  • Penyakit paru kronis
  • HIV/AIDS
  • Gangguan metabolisme
  • Obesitas (kelebihan berat badan)

 

  • Vaksin Meningitis

Meningitis adalah infeksi yang menyebabkan peradangan pada selaput otak dan sumsung tulang belakang. Arab Saudi adalah salah satu negara yang mempunyai resiko tinggi penyebaran meningitis. Oleh karena itu vaksin ini diwajibkan bagi para calon jamaah haji dan umroh (umrah) sebelum berangkat ke Tanah Suci. Vaksin ini bahkan menjadi salah satu syarat wajib untuk memperoleh visa haji dan umroh. 

  • Vaksin Pneumonia

Pneumonia disebabkan oleh infeksi bakteri, virus dan jamur. Vaksin ini sangat disarankan bagi calon jamaah haji dan umroh (umrah) dengan kondisi tertentu seperti lansia yang berusia 65 tahun ke atas, anak-anak, orang yang memiliki penyakit kronis seperti diabetes, gangguan ginjal dan penderita penyakit jantung. Vaksin ini tidak diwajibkan pemerintah Arab Saudi maupun Indonesia, tapi disarankan melakukannya sebagai ikhtiar pencegahan penyakit.

  • Vaksin COVID-19

Pada masa pandemi COVID-19 saat ini, pemerintah Arab Saudi juga menyarankan untuk melakukan vaksin COVID-19 agar para calon jamaah haji dan umroh (umrah) yang ingin berangkat ke Tanah Suci dapat beribadah dengan aman dan nyaman. Selain itu, protokol kesehatan seperti (jaga jarak dan pakai masker) selama berada disana juga diterapkan untuk mencegah penularan virus Corona selama berada di Tanah Suci.

Selain itu Pemerintah Arab Saudi juga mewajibkan agar para calon jamaah haji dan umroh untuk melakukan tes bebas COVID-19 dengan menyertakan hasil tes PCR. 

Sampai dengan saat ini, belum ada kewajiban melakukan vaksin Covid-19 namun jika calon jamaah umroh ingin melakukannya sebelum umroh, tentu sangat disarankan dan pastikan untuk memperhatikan jarak pemberian vaksinnya sebelum umroh dengan konsultasi kepada dokter.

Itu dia 4 jenis vaksin yang diperlukan oleh para jamaah haji dan umroh. Apabila ingin melaksanakan perjalanan haji dan umroh yang aman dan nyaman, ada baiknya melakukan pemeriksaan kesehatan dan konsultasi kepada dokter untuk melakukan vaksin terlebih dahulu.

Bagi para calon tamu Allah yang sedang mempersiapkan perjalanan untuk beribadah ke Tanah Suci, dapat juga menyimak artikel Jejak Imani lainnya tentang tata cara umroh dan persyaratan umroh. Dan untuk Bapak/Ibu dan Sahabat yang ingin merencanakan ibadah umroh juga dapat melihat pilihan paket umroh yang terdapat di Jejak Imani.

Ingin perjalanan ibadah ke Haramain lebih berkesan dan nyaman? Jejak Imani insya Allah jawabannya.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply