Hewan Qurban – Sudah tahukah Anda sangat penting untuk mengetahui hewan qurban apa yang boleh dijadikan sembelihan? Sebagaimana disebutkan dalam surah Al-Hajj ayat 34, hewan qurban adalah golongan Bahlimatul Al An’aam (hewan ternak), yakni; unta, sapi, kambing atau domba. 

hewan qurban

Source: Google.com

Menurut pendapat ulama, terdapat jenis hewan lain yang boleh diqurbankan yakni; kerbau (setara dengan sapi). Dan untuk jenis hewan ternak seperti; ayam, angsa, ikan, kuda tidak dapat digunakan sebagai hewan qurban.

Agar Anda tidak bingung, mari simak penjelasan singkat dari jenis hewan qurban dan ketentuannya berikut ini.

Kambing

Kambing merupakan salah satu dari jenis hewan yang banyak dipilih sebagai qurban. Selain sangat mudah untuk ditemukan, sebagian orang menyukai rasa daging kambing yang sangat lezat. Qurban kambing tidak boleh dilakukan secara kolektif, maksudnya adalah satu ekor kambing hanya untuk satu orang saja. 

Sebagai ketentuannya dari para ulama , kambing yang ingin diqurbankan harus berusia minimal dua tahun. Karena, agar kambing qurban sudah memiliki daging yang lebih banyak dan tebal.

Domba

Selain kambing, domba juga menjadi salah satu hewan qurban yang dapat diqurbankan pada perayaan Idul Adha. untuk perhitungannya sama dengan kambing, jadi untuk setiap satu ekor dombang hanya bisa untuk satu orang. 

Dan domba yang ingin diqurbankan, harus berusia minimal 1 tahun atau telah berganti gigi.

Sapi atau Kerbau

Sebenarnya, dibandingkan dengan sapi, kerbau sangat jarang dipilih sebagai hewan qurban. Namun, baik sapi atau kerbau diperbolehkan dengan ketentuan umur minimal telah mencapai usia dua tahun.

Pada usia ini, daging hewan qurban akan lebih banyak, karena sudah memasuki usia remaja hewan. Qurban sapi atau kerbau dapat dilakukan secara kolektif, yakni satu ekor untuk tujuh orang.

Unta

Unta lebih banyak ditemukan di Jazirah Arab dan sangat umum digunakan sebagai hewan qurban disana. Berbeda dengan kambing, domba, sapi maupun kerbau, batas minimal unta yang dapat dijadikan hewan qurban lebih lama, yakni; lima tahun.

Ketentuan ini disepakati oleh para ulama, usia lima tahun merupakan usia yang tepat bagi untuk untuk diqurbankan. Dan serupa dengan sapi atau kerbau, qurban unta juga dapat dilakukan secara kolektif yakni satu ekor untuk tujuh atau sepuluh orang.

Ketentuan Hewan Qurban

Selain ketentuan diatas, hewan yang ingin diqurbankan juga wajib dalam kondisi sehat. Sangat dianjurkan untuk memilih hewan qurban yang gemuk dan memiliki banyak lemak. Fisik hewan qurban juga tidak boleh cacat, seperti; buta, fisik lemah (dalam keadaan sakit) dan kaki pincang.

Semoga dari pembahasan ini, Anda dapat mengetahui sesuai dengan jenis, serta ketentuan yang telah diperuntukan dan Inn sya Allah, pada lebaran haji tahun ini Anda juga dapat berqurban sebagai landasan ketakwaan kepada Allah ﷻ. 

Jejak Imani juga menawarkan pilihan hewan qurban untuk Anda. Jika Anda sudah memiliki niat untuk qurban pada tahun 2022, dapat memilih dan menanyakan hewan qurban disini sesuai kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang sudah rindu ke Tanah Suci dan ingin melakukan perjalanan ibadah umroh, Anda dapat berangkat lebih nyaman bersama Jejak Imani. Lihat juga Paket Umroh Jejak Imani disini. Dan jika Anda ingin mengetahui informasi paket dan jadwal keberangkatan yang ada di Jejak Imani Anda dapat kontak tim kami disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis).

Bagi Anda yang terkendala biaya umroh, tidak perlu khawatir karena Jejak Imani memiliki program Tabungan Umroh. Wujudkan niat baik Anda berumroh dan menuntaskan kerinduan kepada Baginda Rasulullah ﷺ, cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci insya Allah akan terlaksana. Dapatkan Program Tabungan Umroh khusus khusus untuk Anda, yaitu Program Tabungan Umroh yang insya Allah mempermudah jalan Anda berumroh. Silakan kontak tim kami disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis)

Jejak Imani memiliki layanan Badal Umroh yang dilakukan secara langsung oleh tim khidmat Jejak Imani yang berada di Tanah Suci. Dapatkan biaya badal umroh khusus 2021 mulai 2 juta-an saja. Dengan biaya tersebut Anda sudah dapat mengumrohkan orangtua/keluarga/saudara yang sedang sakit keras ataupun yang sudah tidak mampu berumroh ataupun sudah meninggal. Wujudkan niat baik mengumrohkan sanak keluarga maupun kerabat dengan menghubungi tim Jejak Imani perihal Program Badal Umroh disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis) 

Jejak Imani Travel Haji, Umroh & Islamic Tours adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa travel Biro Haji Plus, Umrah & Halal Tour. Jejak Imani berdiri sejak tahun 2014 dengan berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dengan nama PT Jejak Imani Berkah Bersama. Jejak Imani sudah berizin resmi, dengan nomor PPIU No. U.553 Tahun 2020 dan akreditasi PPIU bernilai A dengan nomor 2020-PPIU 1-0011. Anda juga dapat melihat detail jelasnya disini Tentang Kami. 

Jejak Imani juga memiliki paket haji dengan waktu tunggu yang lebih singkat dan dapatkan pengalaman haji yang lebih nyaman bersama Jejak Imani disini

Anda juga dapat mempelajari paket haji yang terdapat di Jejak Imani, yaitu:

  1. Haji Tanpa Antri.
  2. Haji dengan Waktu Tunggu 5 Tahun.

 

Bagi Bapak/Ibu yang ingin berhaji namun terkendala biaya, Jejak Imani juga memiliki program Tabungan Haji. Untuk lebih detailnya Anda dapat menanyakan dahulu disini (Konsultasi Tabungan Haji Gratis).

Sempurnakan Rukun Islam dengan berhaji lebih nyaman dengan menikmati fasilitas bintang 5 bersama Jejak Imani.

Tidak ada kata berhenti untuk belajar, sembari menunggu umroh kembali dibuka, Jejak Imani mempersembahkan Kelas Online Premium “Ibrahim Series”, kisah manusia paling mesra kepada Allah ﷻ yaitu Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dengan bimbingan langsung oleh Ustadz H. Salim A. Fillah. Simak bagaimana sirah kehidupan syarat hikmah Nabiyullah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam disini.

Ingin perjalanan ibadah Haji, Umroh & Islamic Halal Tour 2022 Anda lebih aman dan terpercaya? Jejak Imani jawabannya, insya Allah.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply