Masjidil Haram – Masjidil Haram berada di kota Mekkah merupakan tempat paling suci bagi umat Islam. Di dalam Masjidil Haram terdapat Ka’bah yang menjadi kiblat bagi umat Islam seluruh dunia untuk beribadah.

masjidil haram

Source: Google.com

Dengan begitu tidak mengherankan apabila Masjidil Haram selalu ramai dikunjungi jamaah dari berbagai penjuru dunia. Namun, sangat disayangkan akibat pandemi Covid-19 Pemerintah Arab Saudi sempat menutup sementara.

Kini, setelah hampir dua tahun sejak wabah pandemi Covid-19 merebak, pihak otoritas Kerajaan Arab Saudi akhirnya mencabut aturan jaga jarak dan kembali mengizinkan jamaah untuk beribadah dengan kapasitas penuh.

Lihat juga disini: Kabar Baik! Saudi Resmi Buka Pintu Umroh Untuk Jamaah Indonesia

Kembali berbicara tentang Masjidil Haram, ternyata ada beberapa fakta yang jarang orang tahu dari tempat suci tersebut. Apa saja? Mari simak ulasannya berikut ini!

Lantai Masjidil Haram Selalu Sejuk

Masjidil Haram memiliki luas lebih dari 345 ribu meter persegi dan mampu menampung lebih dari 900 ribu jamaah. Jadi tidak mengherankan kalau Masjidil Haram dinobatkan sebagai masjid terbesar di dunia.

Bagian atas Masjdil Haram dibuat tanpa atap (terbuka), meski begitu lantai masjid tetap terasa dingin dan sejuk walaupun terkena panas matahari sekalipun. Hal ini disebabkan lantai masjid menggunakan marmer dengan kualitas terbaik yang didatangkan langsung dari Thassos, Yunani.

Dengan kualitas terbaik lantai (marmer) Masjidil Haram juga dapat menyerap kelembapan di malam hari dan mempertahankan kesejukan di siang hari.

Memiliki 20 Muadzin

Masjidil Haram memiliki 20 muadzin yang secara bergantian bertugas untuk mengumandangkan adzan. Para muadzin tersebut memiliki suara lantang, merdu, serta fasih dalam melantunkan adzan. Muadzin yang terpilih sudah melalui seleksi ketat yang dilakukan oleh pihak Majelis Idarah Muadzin.

Selain itu, Masjidil Haram juga memiliki mikrofon atau pengeras suara terbaik di dunia. Masjidil Haram memiliki lebih dari 3.000 pelantang suara. 

Pesawat Dilarang Melintas di Atas Ka’bah

Masjidil Haram adalah salah satu tempat yang tidak diperbolehkan pesawat melintas di atasnya “no-fly zone”. Hal tersebut karena adanya gelombang magnet besar yang terpancar di atas Ka’bah.

Masjidil Haram Ramah Disabilitas

Sebagai masjid terbesar di dunia, Masjidil Haram juga dilengkapi berbagai macam fasilitas, tidak terkecuali fasilitas bagi penyandang disabilitas.

Manajemen masjid menyediakan fasilitas khusus untuk jamaah difabel. Seperti; menyediakan Al-Quran braille untuk jamaah tuna netra, menyediakan bahasa bagi jamaah tunarungu dan tunawicara, serta menyediakan kursi roda listrik bagi jamaah tuna daksa atau jamaah yang membutuhkan.

Semoga informasi ini dapat menjadi manfaat buat Anda yang sedang rindu ke Tanah Suci, serta semoga dalam waktu dekat jamaah haji dan umroh Indonesia dapat segera berkunjung ke Tanah Suci atas izin Allah ﷻ.

Wujudkan niat baik Anda berumroh dan menuntaskan kerinduan kepada Baginda Rasulullah ﷺ, cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci insya Allah akan terlaksana. Dapatkan Program Tabungan Umroh khusus khusus untuk Anda, yaitu Program Tabungan Umroh yang insya Allah mempermudah jalan Anda berumroh. Silakan kontak tim kami disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis)

Jejak Imani memiliki layanan Badal Umroh yang dilakukan secara langsung oleh tim khidmat Jejak Imani yang berada di Tanah Suci. Dapatkan biaya badal umroh khusus 2021 mulai 2 juta-an saja. Dengan biaya tersebut Anda sudah dapat mengumrohkan orangtua/keluarga/saudara yang sedang sakit keras ataupun yang sudah tidak mampu berumroh ataupun sudah meninggal. Wujudkan niat baik mengumrohkan sanak keluarga maupun kerabat dengan menghubungi tim Jejak Imani perihal Program Badal Umroh disini (Tanya dulu Konsultasi Gratis) 

Jejak Imani Travel Haji, Umroh & Islamic Tours adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa travel Biro Haji, Umroh & Islamic Halal Tour. Jejak Imani berdiri sejak tahun 2014 dengan berbentuk Perseroan Terbatas (PT.) dengan nama PT. Jejak Imani Berkah Bersama. Jejak Imani sudah berizin resmi, dengan nomor PPIU No. U.553 Tahun 2020 dan akreditasi PPIU bernilai A dengan nomor 2020-PPIU 1-0011. Anda juga dapat melihat detail jelasnya disini Tentang Kami. 

Jejak Imani juga memiliki paket haji dengan waktu tunggu yang lebih singkat dan dapatkan pengalaman haji yang lebih nyaman bersama Jejak Imani disini

Anda juga dapat mempelajari paket haji yang terdapat di Jejak Imani, yaitu:

  1. Haji Tanpa Antri.
  2. Haji dengan Waktu Tunggu 5 Tahun.

 

Bagi Bapak/Ibu yang ingin berhaji namun terkendala biaya, Jejak Imani juga memiliki program Tabungan Haji. Untuk lebih detailnya Anda dapat menanyakan dahulu disini (Konsultasi Tabungan Haji Gratis).

Sempurnakan Rukun Islam dengan berhaji lebih nyaman dengan menikmati fasilitas bintang 5 bersama Jejak Imani.

Tidak ada kata berhenti untuk belajar, sembari menunggu umroh kembali dibuka, Jejak Imani mempersembahkan Kelas Online Premium “Ibrahim Series”, kisah manusia paling mesra kepada Allah ﷻ yaitu Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dengan bimbingan langsung oleh Ustadz H. Salim A. Fillah. Simak bagaimana sirah kehidupan syarat hikmah Nabiyullah Nabi Ibrahim ‘alaihissalam disini.

Jejak Imani juga dapat mengantarkan Anda mempelajari sejarah peradaban Islam sambil menikmati indahnya alam di salah satu negara wisata favorit orang Indonesia yaitu, Turki, mulai dari 10 jutaan, Anda sudah bisa berwisata ke Turki, silakan pelajari selengkapnya disini.

Ingin perjalanan ibadah Haji, Umroh & Islamic Halal Tour  Anda lebih aman dan terpercaya? Jejak Imani jawabannya, insya Allah.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply