Amalan Umroh – Umroh merupakan impian banyak umat Islam, begitu juga dengan mayoritas masyarakat Indonesia yang beragama Islam. Hal ini terbukti dengan semakin meningkatnya jumlah jamaah yang berangkat ke Tanah Suci pada setiap tahunnya.

Kerinduan akan beribadah di Tanah Suci membuat banyak jamaah memutuskan untuk berangkat umroh terlebih dahulu sebelum berhaji. Namun terkadang pemahaman akan amalan umroh yang dapat dilakukan selama berada di Tanah Suci masih sangat kurang dimaksimalkan oleh para jamaah selama disana.

amalan umroh

Source: Google.com

Selain tata cara dan kegiatan wajib saat umroh, ada juga amalan umroh ringan yang lain yang dapat dimaksimalkan selama di Tanah Suci. Ibadah umroh merupakan ibadah yang dapat dilakukan kapan saja dan berbeda dengan ibadah haji.

Untuk memaksimalkan ibadah selama di Mekkah dan Madinah, kenali amalan yang dapat dilakukan selain menjalankan  umroh di Tanah Suci. Yuk simak ulasan di bawah ini!

Amalan Ringan Berpahala Selain Umroh di Tanah Suci

  • Murah Senyum

Senyum adalah ibadah, istilah ini kerap diungkapkan oleh para orang tua bagi anaknya yang sedang beranjak dewasa. Dan hal tersebut memang benar, pasalnya ungkapan bahwa senyum adalah ibadah tertuang dalam sabda Rasulullah ﷺ,

“Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah.” (HR. At-Tirmidzi)

Setelah mengetahui hadits di atas, tentu tidak salah apabila menyebarkan senyum kepada orang. Amalan ini dapat kita lakukan selama berada di Tanah Suci, dan jangan lupa menyertakan salam kepada jamaah lain.

  • Membantu Orang lain

Selain tersenyum, kita juga dapat membantu orang lain dalam berbagai macam hal, seperti membantu mengangkat barang yang berat, atau sekedar membukakan pintu. Rasulullah ﷺ bersabda,

“Seorang mukmin dengan mukmin yang lain bagaikan sebuah bangunan, satu dengan yang lainnya saling menguatkan.” (HR. Al-Bukhari dan Imam Muslim)

Dari hadis ini dapat diambil kesimpulan, amalan ketika kita sedang umroh di Tanah Suci juga dapat dengan saling membantu antara sesama Muslim. 

  • Berdzikir 

Amalan umroh selanjutnya adalah berdzikir, dsizkir dapat dilakukan kapanpun di tempat manapun, selain di kamar mandi. Tentu sangat baik jika para jamaah memaksimalkan seluruh kegiatan di Tanah Suci dengan berdzikir misalnya sambil menunggu bis ketika hendak berziarah atau ketika berjalan dari hotel menuju masjid. Selalu mengucapkan dzikir di Tanah Suci yang penuh keberkahan tentu akan menambah amalan baik selama di sana dan insya Allah mudah dan ringan untuk dilakukan.

Setiap dzikir yang diucapkan baik melalui lisan atau dalam hati akan mendapatkan keberkahan oleh Allah ﷻ. 

  • Mengikuti Kajian Agama

Kajian agama banyak terdapat di berbagai macam tempat, termasuk ketika beribadah umroh di Tanah Suci. Alangkah baiknya apabila kita dapat menghadiri kajian agama ketika di Arab Saudi. Atau setidaknya datang dengan niat untuk menambah ilmu dan bersilaturahmi.

Pastinya akan sangat sayang apabila dilewatkan, mengingat di Tanah Suci memiliki desain masjid yang indah dan menarik. Selain itu dengan mengikuti kajian di Tanah Suci juga akan menambahkan amalan selama beribadah umroh.

Insya Allah Jejak Imani sebagai travel umrah berakreditasi A dari Kementerian Agama Indonesia juga berkomitmen memberikan kajian keagamaan dan juga kelas singkat tahsin dan tahfidz selama berada di Tanah Suci. Kami rancang program kajian sesuai paket umroh yang dipilih jamaah agar jamaah tidak hanya kami fasilitasi berumroh saja namun juga mendapatkan kajian dan ilmu baru selama di Tanah Suci.

Bagi umat muslim yang sedang ingin merencanakan ibadah umroh, mari memperhatikan terlebih dahulu persyaratan dan tata cara umroh agar ibadah umroh bisa mendapatkan keberkahan dan mabrur dari Allah ﷻ. Setelah itu, mari cek pilihan paket umroh Jejak Imani agar semakin mantap berangkat ke Tanah Suci.

Untuk calon jamaah umroh yang terkendala dengan biaya, mari kenali Tabungan Umroh Jejak Imani. Tabungan Umroh Jejak Imani dapat menjadi solusi ke Tanah Suci. Tabungan Jejak Imani menawarkan cara menabung paling efisien dengan 3 keunggulan, yakni aman, transparan, Insya Allah pasti berangkat umrohnya. Dengan keunggulan ini, insya Allah niat kita untuk berangkat umroh terwujud sesuai dengan rencana.

Di Tabungan Umroh Jejak Imani, kita bisa memilih rencana tabungan umroh berdasarkan jangka waktu menabung 6, 12 bahkan 24 bulan dengan harga paket real yang berlaku pada saat jamaah berangkat. Dana jamaah juga tersimpan aman di rekening Bank Muamalat atas nama jamaah, bukan di rekening travel. Sistem seperti ini insya Allah terpercaya dan mencegah kasus uang dibawa kabur oleh biro perjalanan atau pihak tidak bertanggung jawab.

Jejak Imani bekerja sama dengan Bank Muamalat sebagai bentuk komitmen Jejak Imani menjadi travel umroh yang amanah dan terpercaya serta melindungi hak jamaah sebagai konsumen.

Tabungan Umroh Jejak Imani juga melakukan pengelolaan tabungan umroh secara transparan, dengan begitu jamaah juga dapat secara langsung mengetahui besaran tabungan umroh yang sudah disetorkan setiap bulannya. 

Selain itu, travel umroh Jejak Imani telah memperoleh SK PPIU Nomor U.533 Tahun 2020 Terakreditasi A oleh Kementerian Agama Indonesia, yang berarti Jejak Imani memiliki reputasi, kompetensi dan SIP sangat baik dalam penilaian resmi Kementerian Agama Indonesia.

Tabungan Umroh Jejak Imani juga telah bekerjasama dengan Bank Muamalat dan menjamin pengelolaan dana jamaah secara aman, transparan serta jaminan Insya Allah berangkat.

Mau perjalanan ibadah ke tanah suci lebih berkesan? Jejak Imani jawabannya.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply