Keutamaan Umroh adalah salah satu hal yang perlu diketahui sebelum berangkat ketanah suci. Umroh secara bahasa mengartikan berkunjung. Sedangkan umroh secara istilah adalah berkunjung ke Baitullah (Ka’bah) untuk melakukan thawaf, sa’i dan diakhiri tahalul (tahalul disimbolkan dengan mencukur minimal 3 helai rambut).

Keutamaan Umroh

Source: Freepik.com

Bagi setiap umat muslim, umroh juga menjadi sarana untuk beribadah dan sekaligus melepas kerinduan untuk ke tanah suci. Disamping itu dengan melaksanakan umroh ada beberapa keutamaan yang terkandung dalam Quran dan Hadis yang perlu kalian ketahui, berikut penjelasannya.

  • Allah SWT berfirman dalam surah Ali ‘Imran 96

اِنَّ اَوَّلَ بَيْتٍ وُّضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِيْ بِبَكَّةَ مُبٰرَكًا وَّهُدًى لِّلْعٰلَمِيْنَۚ

 

Inna awwala baitiw wuḍi’a lin-nāsi lallażī bibakkata mubārakaw wa hudal lil-‘ālamīn 

Artinya:

“Sesungguhnya rumah (ibadah) pertama yang dibangun untuk manusia, ialah (Baitullah) yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam.”

Dalam ayat ini menjelaskan bahwa Baitullah Al Haram di Makkah sebagai rumah ibadah pertama yang dibangun di bumi sebagai tempat beribadah kepada Allah SWT. Lalu pada ayat ini juga menjelaskan bahwa Baitullah yang berada di Makkah penuh akan keberkahan, serta menjadi arah kiblat bagi umat muslim, dan keutamaan dari ayat ini adalah Allah SWT menjamin umatnya (muslim) yang beribadah umroh dan haji dengan ganjaran keberkahan serta menjadi petunjuk bagi umat yang melaksanakannya.

  • Allah SWT berfirman dalam surah Al-Baqarah 158

۞ اِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَاۤىِٕرِ اللّٰهِ ۚ فَمَنْ حَجَّ الْبَيْتَ اَوِ اعْتَمَرَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِ اَنْ يَّطَّوَّفَ بِهِمَا ۗ وَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًاۙ فَاِنَّ اللّٰهَ شَاكِرٌ عَلِيْمٌ  

 

Innaṣ-ṣafā wal-marwata min sya’ā`irillāh, fa man ḥajjal-baita awi’tamara fa lā junāḥa ‘alaihi ay yaṭṭawwafa bihimā, wa man taṭawwa’a khairan fa innallāha syākirun ‘alīm

Artinya:

“Sesungguhnya Safa dan Marwah merupakan sebagian syi‘ar (agama) Allah. Maka barangsiapa beribadah haji ke Baitullah atau berumrah, tidak ada dosa baginya mengerjakan sa‘i antara keduanya. Dan barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka Allah Maha Mensyukuri, Maha Mengetahui.”

Dalam ayat ini menjelaskan kewajiban melakukan Sa’i antara Safa dan Marwah saat beribadah haji dan umroh. Dan ayat ini juga menjelaskan keutamaan bagi umat (muslim) yang mengerjakan ibadah haji dan umroh serta melakukan perintah Allah SWT sesuai dengan ayat diatas, akan mendapatkan ganjaran pahala yang berlimpah serta diampuni segala dosanya. Dan inilah janji Allah SWT bagi umatnya yang melakukan apa yang diperintahkannya.

  • Nabi Muhammad SAW bersabda

تَابِعُوا بين الحجِّ والعمرةِ ، فإنَّهما ينفيانِ الفقرَ والذنوبَ ، كما يَنفي الكيرُ خَبَثَ الحديدِ والذهبِ والفضةِ ، وليس للحجةِ المبرورةِ ثوابٌ إلا الجنةُ

Artinya:

“Iringilah ibadah haji dengan (memperbanyak) ibadah umroh (berikutnya), karena sesungguhnya keduanya dapat menghilangkan kefakiran dan dosa-dosa sebagaimana alat peniup besi panas menghilangkan karat pada besi, emas dan perak. Dan tidak ada (balasan) bagi (pelaku) haji yang mabrur melainkan surga.” (HR Imam at-Tirmidzi)

Pada hadis diatas, juga menerangkan bahwa anjuran dari Nabi Muhammad SAW untuk melaksanakan ibadah haji dan umroh. Dan Nabi Muhammad juga menjelaskan pada keduanya (haji dan umroh) memiliki keutamaan, dapat menghilangkan kefakiran (kemiskinan), menghilangkan dosa-dosa, serta menjamin bagi umat yang melakukan ibadah haji dan umroh dengan balasan surga.

Nah itu dia berbagai keutamaan umroh serta penjelasannya. Bila belum memasuki waktu pelaksanaan ibadah haji, ada baiknya untuk melakukan umroh. Dikarenakan ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja dan tidak terbatas oleh waktu tertentu. 

Bagi umat muslim yang sedang ingin merencanakan ibadah umroh, baiknya memperhatikan terlebih dahulu persyaratan dan tata cara umroh agar ibadah umroh kalian inn sha Allah sah (mabrur). Kalian juga dapat mencheck paket umroh yang terdapat di jejak imani ya. Mau perjalanan ibadah kalian ke tanah suci lebih berkesan? Jejak Imani jawabannya.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply