Puasa Arafah – Sebentar lagi umat Islam akan menyambut Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah. Dalam perayaannya tentu ada ladang pahala yang dapat ditunaikan, dan salah satunya puasa sebelum Idul Adha atau yang biasa disebut sebagai puasa Arafah.

puasa arafah

Source: Google.com

Puasa Arafah merupakan puasa sunnah yang bertepatan dengan ritual wukuf para jamaah yang sedang berhaji di Arafah. Lantas kapan waktu pelaksanaan puasa sebelum Idul Adha dilakukan?

Pada tahun 2021 ini, Hari Raya Idul Adha akan jatuh pada hari Selasa, 20 Juli 2021 atau tepatnya 10 Dzulhijjah 1442 H. Hal itu mengartikan bahawasanya puasa Arafah dilakukan pada sehari sebelumnya atau Hari Senin, 19 Juli 2021.

Keutamaan Puasa Arafah

  • Menghapus Dosa

Sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Imam Tirmizi disebutkan bahwa puasa Arafah akan menghapuskan dosa satu tahun sebelum dan satu tahun sesudahnya,

“Puasa hari Arafah menghapuskan dosa dua tahun, yaitu tahun sebelumnya dan tahun sesudahnya. Puasa Asyura’ menghapuskan dosa tahun sebelumnya,” (HR. Bukhari dan Tirmizi).

  • Keutamaan ibadah di 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

10 hari pertama pada bulan Dzulhijjah merupakan hari yang sangat istimewa bagi umat Islam karena Allah ﷻ sangat mencintai amal-amal sholeh, terutama apabila dapat dikerjakan selama 10 hari pertama bulan Dzulhijjah, seperti yang dijelaskan dalam hadis dibawah ini,

“Dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhuma bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu: Sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Mereka bertanya: Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah? Beliau menjawab: Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun.” (HR. Imam Bukhori).

Lihat juga Amalan & Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah 

Niat Puasa Arafah

Nawaitu Shauma Ghadin ‘an ada’i sunnati Arafah lillahi ta’ala.

Artinya: 

Aku berniat puasa sunnah Arafah esok hari karena Allah SWT.

Niat puasa Arafah dapat diucapkan pada malam hari atau pagi hari dengan catatan belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa.

Niat puasa Arafah juga dapat diucapkan dalam hati maupun dilafalkan dengan bahasa Arab ataupun bahasa Indonesia.

Semoga dari pembahasan ini, Anda dapat mengetahui keutamaan dan tata cara yang dapat dilakukan untuk puasa Arafah. Insya Allah, pada puasa Arafah tahun ini, Anda akan mendapatkan pahala yang berlimpah dan dapat menjadi bukti ketakwaan kepada Allah ﷻ. 

Bagi Anda, Bapak/Ibu/Sahabat yang sedang merencanakan untuk membeli hewan qurban di tahun ini, insya Allah Jejak Imani dapat menjadi solusinya. Mari pilih hewan qurban Anda dengan menghubungi staff kami disini.

Jejak Imani juga menawarkan keragaman paket dan program terbaik khusus untuk Anda. Bila ada dari Anda yang sedang ingin merencanakan ibadah haji ke Tanah suci dan ingin mendapatkan waktu antri yang singkat sambil menikmati fasilitas bintang 5, bisa lihat disini.

Dan apabila ada dari Anda yang ingin beribadah umroh terlebih dahulu, namun terkendala oleh biaya atau waktu (akibat pandemi Covid-19) Anda juga dapat melihat Program menarik dari Jejak Imani, yaitu Program Tabungan Umroh. Cukup menabung Rp 23.000 per hari, impian Anda ke Tanah Suci akan terlaksana.

Yang terakhir, Jejak Imani juga memfasilitasi bagi Anda yang ingin berlibur ke negara Turki. Mempelajari peradaban Islam disana, sambil menikmati keindahan alamnya, bisa Anda dapatkan paketnya disini.

Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply