Tidak lengkap rasanya ketika beribadah umrah (umroh) tanpa mengunjungi wisata religi yang ada disana. Tempat wisata di Tanah Suci penuh akan sejarah Islam dan menambah wawasan ilmu agama yang membuat umat muslim semakin mendekatkan diri kepada Allah dan juga meneladani Rasululloh  sehingga para jamaah umroh selalu menyempatkan waktu untuk berziarah.

wisata umroh

Source: Google.com

Sebagai tempat tujuan ibadah umat Islam dunia, Arab Saudi memiliki banyaknya destinasi wisata yang dapat dikunjungi selepas menunaikan ibadah umroh, selain tentu memperbanyak ibadah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Untuk lebih jelasnya, simak tujuan destinasi wisata populer yang biasa dikunjungi para jamaah umroh dibawah ini.

 Wisata Terpopuler Ketika Umroh

  • Kebun Al Mustadzal
wisata kurma umroh

Source: Google.com

Kebun Al Mustadzal adalah sebuah kebun kurma yang menyimpan sejarah kedatangan Nabi Muhammad saat pertama kali datang ke Madinah. Kebun kurma ini menyimpan banyak hikmah dan pembelajaran. Bertempat di sebelah masjid Quba, Kebun Al Mustadzal sangat mudah untuk dikunjungi dan didatangi oleh para jamaah dan wisatawan umroh.

  • Bi’r Adzaq
sumur Bi'r Adzaq

Source: Google.com

Bi’r Adzaq merupakan sebuah sumur dimana Nabi Muhammad pertama kali meminum air dari sumur ini ketika tiba di kota Madinah. Atas izin Allah, air dari sumur ini tidak pernah surut sampai hari ini karena keberkahan dari Nabi Muhammad . Bertempat tidak jauh dari masjid Quba dan masih berada dalam satu lokasi dengan kebun kurma Mustadzal, Bi’r Adzaq menjadi destinasi yang sangat diminati oleh para peziarah atau populer bagi wisatawan umroh ketika berkunjung ke Tanah Suci.

  • Gunung Uhud
uhud

Source: Google.com

Berlokasi di sekitar kota Madinah, ada objek wisata religi yang juga ramai dikunjungi saat umroh yaitu Gunung Uhud. Tidak hanya menawarkan keindahan pemandangan, gunung  berbatu yang berwarna coklat tanah ini juga menjadi saksi historis tentang perjuangan Rasulullah dan para sahabat saat mensyiarkan agama Islam dahulu. 

  • Jabal Rahmah
jabal rahmah

Source: Google.com

Tempat wisata populer ketika umrah (umroh) selanjutnya adalah Jabal Rahmah. Bukit ini adalah tempat dimana Nabi Muhammad melakukan wukuf dan berdoa di hari Arafah tanggal 9 Dzulhijjah selama proses haji. Tidak hanya jamaah haji, banyak jamaah umroh yang datang untuk menyimak kisah dan hikmah dari proses pelaksanaan ibadah haji Nabi Muhammad dan para sahabat dan juga kisah tentang wahyu yang turun kepada Rasululloh ﷺ.

  • Masjid Quba
Masjid Quba

Source: Google.com

Tempat tujuan wisata umroh berikutnya adalah Masjid Quba. Masjid ini adalah masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad ketika datang dari kota Makkah (Mekkah) dan dibangun sekitar tahun 622 Masehi. Masjid Quba memiliki nilai sejarah dan hikmah kisah perjuangan dakwah Rasululloh . Para jamaah umroh juga melakukan shalat dua rakaat di Masjid Quba karena pahalanya setara dengan umrah (umroh) sehingga sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

  • Gua Hira
Gua Hira

Source: Google.com

Gua Hira menjadi wisata umroh yang memiliki nilai sejarah yang krusial dan penting untuk dikunjungi karena Gua Hira merupakan tempat Nabi Muhammad pertama kali menerima wahyu dari Allah . Jamaah umroh sudah pasti sangat akrab mendengar nama tempat ini. Bagi yang ingin mencapai puncaknya, harus menyiapkan kondisi tubuh yang prima karena jalurnya melewati tebing yang agak curam. Jamaah dan wisatawan umroh disarankan untuk meluangkan waktu khusus untuk mengunjungi tempat ini karena membutuhkan satu hingga dua jam untuk mencapai puncaknya.

  • Jabal Tsur
Jabal Tsur

Source: Google.com

Jabal Tsur adalah tempat persembunyian Nabi Muhammad dan Abu Bakar ketika sedang dalam pengejaran kaum Quraisy. Lokasinya terletak di bagian bawah Mekkah (Makkah) di sebelah selatan distrik Al-Misfalah sekitar 3 km dari pusat kota Mekkah. Jabal Tsur sangatlah sempit dan hanya dapat diisi oleh tiga orang. Jabal Tsur menjadi salah satu pilihan wisata populer ketika umroh di Tanah Suci.

  • Masjid Jawatha
Masjid Jawatha

Source: Google.com

Masjid yang terletak di provinsi timur Arab Saudi sudah berdiri dari zaman Nabi Muhammad . Masjid Jawatha terletak di Desa Al-Kilabiyah, sekitar 12 km arah timur laut Hofuf. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di dunia yang dibangun pada tahun ke tujuh Hijriyah oleh suku Bani Abdul Qadis dan dianggap sebagai situs bersejarah maka tidak heran kalau masjid ini menjadi salah satu pilihan untuk wisata umroh ketika di Tanah Suci.

  • Jannatul Baqi

Source: Google.com

Jannatul Baqi atau makam Baqi, adalah kawasan pemakaman para keluarga dan sahabat Nabi Muhammad . Ada sekitar 10.000 sahabat Rasulullah yang dimakamkan di sini, termasuk putra dan putri Rasulullah yaitu Fatimah, Ruqayyah, Ruqayyah, Ummu Kultsum, Zainab dan Ibrahim. Para jamaah umrah (umroh) yang sedang mengunjungi Masjid Nabawi dan Allah takdirkan meninggal pun dimakamkan di Makam Baqi. Hingga kini Makam Baqi menjadi salah satu tujuan wisata religi bagi para jamaah umroh karena juga merupakan sunnah Rasulullah dimana Beliau sering berziarah ke Makam Baqi dan mendoakan para jenazah yang dimakamkan di sana.

  • Pasar Jafariyah
Pasar Jafariyah

Source: Google.com

Pasar Zakfariyah yang terletak tidak jauh dari Masjidil Haram ini menyajikan banyak pilihan perbelanjaan seperti peralatan ibadah, kurma, aksesoris, hingga elektronik, dan sangat sering dikunjungi jamaah umroh untuk membeli oleh-oleh (buah tangan) khas Arab Saudi. Pasar ini menjadi alternatif pengganti dari Pasar Seng yang telah tutup dan dulu pernah populer di kalangan jamaah umroh dan haji asal Indonesia dan telah ditutup. Di pasar Jafariyah, jamaah dapat membeli berbagai barang secara grosir dengan harga yang murah sehingga tempat ini salah satu tujuan populer wisata ketika umroh.  

Itulah 10 tujuan wisata umroh yang populer di Tanah Suci. Tempat diatas dapat menjadi referensi destinasi pilihan yang menarik selama berada di Arab Saudi. Untuk para calon tamu Allah yang sedang merencanakan ibadah umroh pada tahun ini, silahkan simak artikel Jejak Imani lainnya tentang Persyaratan dan Rukun Umroh. Dan bagi Para calon jamaah yang berkeinginan berangkat di tahun ini juga dapat pilihan paket yang ada di Jejak Imani, disana anda dapat menemukan pilihan yang paket yang tepat sesuai kebutuhan dan anggaran.

Ingin perjalanan ibadah ke Haramain lebih berkesan dan nyaman? Jejak Imani insya Allah jawabannya.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply