Beragamnya jenis dan pilihan barang-barang menarik yang dapat dijadikan oleh-oleh jamaah haji dan umroh (umrah), menjadi suatu kebingungan sendiri bagi yang para jamaah umrah. 

oleh-oleh umroh

Source: Google.com

Sebenarnya banyak sekali pilihan makanan, barang dan pernak-pernik khas Arab Saudi yang dapat menjadi buah tangan atau oleh-oleh untuk sanak keluarga maupun kerabat sepulang menjalankan ibadah haji dan umroh di Tanah Suci. Supaya tidak bingung, simak artikel berikut karena Jejak Imani punya banyak rekomendasi oleh-oleh jamaah umrah dan haji yang dapat dibawa pulang.

Oleh-oleh Favorit Haji & Umroh

  • Parfum
oleh-oleh umroh parfum

Source: Google.com

Nabi Muhammad bersabda,

“Siapa yang diberi hadiah minyak wangi, maka janganlah menolaknya karena yang paling mudah untuk dibawa adalah bau yang wangi.” (HR. Muslim, dari Abu Hurairah)

Parfum Arab Saudi memiliki ciri khasnya tersendiri. Ketahanan aroma parfumnya bahkan bisa melebihi parfum normal pada umumnya sekitar 1-2 hari. Oud dengan aroma woody menjadi ciri khas utama parfum merk Khas Arab Saudi, oud sendiri adalah salah satu bahan parfum yang awet dan tahan lama. Parfum premium hingga parfum murah dapat dibeli di pertokoan maupun mall sekitar masjid. Harga parfum Khas Arab Saudi berkisar mulai dari ratusan ribu hingga jutaan tergantung kualitas. Arabian Oud, Abdul Samad Al Qurashi, Amjad Al-Oud adalah beberapa merk parfum dengan kualitas terbaik. Dan sangat menjadi favorit sebagai oleh-oleh jamaah haji dan umroh (umrah).

  • Kurma
oleh-oleh umroh kurma

Source: Google.com

Kurma adalah buah yang dapat menjadi sumber energi terbaik. Selain itu bagi kurma juga adalah makanan yang dapat menjadi penyembuhan berbagai penyakit. Pohon kurma banyak tumbuh di daerah dataran Arab, salah satunya di kota Madinah, kota penghasil kurma ajwa, salah satu kurma terbaik dan terlezat di dunia, kurma yang paling disukai oleh Nabi Muhammad . 

Nabi Muhammad bersabda,

“Kurma ‘Ajwa itu berasal dari Surga, ia adalah obat dari racun.” (HR. Ibnu Majah)

“Barangsiapa di pagi hari memakan tujuh butir kurma ajwa, maka ia tidak akan terkena racun dan sihir pada hari itu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Bagi yang ingin membeli Kurma sebagai oleh-oleh, sangat mudah ditemukan oleh jamaah haji dan umroh (umrah) di sekitar hotel atau bisa juga beli di Pasar Kurma yang biasanya dikunjungi saat berziarah di seputar kota Madinah. Harga kurma Ajwa berkisar 50-75 SR, kualitas kurma tergantung dari ketebalan dagingnya. Semakin tebal daging kurma, akan semakin enak dan lebih mahal.

  • Za’faran
oleh-oleh umroh Za’faran

Source: Google.com

Za’faran adalah bunga yang memiliki banyak manfaat. Bunga ini terkenal mempunyai banyak manfaat, oleh karena itu wajar jika harganya cukup mahal. Terlepas dari harga yang relatif mahal, juga menjadi favorit sebagai oleh-oleh jamaah haji dan umroh (umrah). bunga ini dapat memberikan banyak manfaat seperti:

  • Mencegah gangguan fungsi otak manusia
  • Obat diabetes
  • Daya tahan tubuh
  • Anti depresi
  • Anti kanker
  • Keharmonisan suami istri
  • Relaksasi tidur

Za’faran dapat dibeli di toko-toko sekitar hotel dan masjid, pelajari terlebih dahulu grade dan kualitas za’faran, pilih grade terbaik dengan kualitas terbaik agar khasiatnya pun baik. Za’faran terbaik dihasilkan salah satunya dari dataran tinggi Iran. Biasanya pembelian dihitung per gram.

  • Roti 7 Days
oleh-oleh umroh Roti 7 Days

Source: Google.com

Roti 7 Days merupakan salah satu roti camilan khas Arab Saudi, dan cemilan ini menjadi favorit untuk mengganjal lapar jamaah haji dan umroh (umrah) di sela-sela ziarah atau waktu ibadah i’tikaf atau shalat di masjid sebelum jadwal makan berat. Beragamnya pilihan rasa varian dari roti 7 Days, harganya yang murah, sangat cocok untuk menjadi pilihan sebagai oleh-oleh jamaah haji & umroh. Roti 7 Days dapat dijumpai di toko kecil di sekitar hotel/masjid maupun di supermarket besar seperti Bin Dawood.

  • Aneka Camilan (Kacang, Coklat, Kismis, dan Kudapan lainnya)
Aneka Camilan (Kacang, Coklat, Kismis, dan Kudapan lainnya)

Source: Google.com

Oleh-oleh khas Arab Saudi yang umumnya dihadiahkan juga oleh para jamaah umrah dan haji adalah cemilan. Camilan khas Arab Saudi ada banyak pilihannya, seperti almond, pistachio, coklat, kismis, biskuit seperti mamoul dan lain sebagainya. Camilan ini juga dapat di beli di pertokoan di sekitar hotel/masjid maupun di supermarket besar seperti Bin Dawood. Siapkan budget yang cukup untuk membelinya.

  • Minyak Zaitun
Minyak Zaitun

Source: Google.com

Nabi Muhammad bersabda,

“Minumlah minyak zaitun dan berminyak dengannya, karena sesungguhnya ia adalah pohon yang diberkahi.” (HR. Baihaqi dan Ibnu Majah)

Minyak zaitun dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Banyaknya kandungan nutrisi pada minyak zaitun dan jaminan keasliannya membuat jamaah haji dan umrah membeli sebagai oleh-oleh dengan jumlah yang banyak untuk dibawa ke tanah air. Minyak zaitun terdiri dari berbagai jenis ada yang light untuk memasak dan extra virgin untuk dikonsumsi langsung atau sebagai dressing salad. 

  • Kacang Arab
Kacang Arab

Source: Google.com

Kacang arab adalah salah satu cemilan terbaik khas Arab Saudi. Kacang arab kaya akan protein dan merupakan salah satu tanaman dengan budidaya yang kaya akan nilai historisnya. Kacang ini juga dikenal dengan banyak manfaat seperti menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan sirkulasi darah, hingga baik untuk masa kehamilan. Banyaknya manfaat membuat kacang ini populer sebagai oleh-oleh jamaah haji dan umroh (umrah).

  • Susu
oleh-oleh umroh Susu

Source: Google.com

Buat yang sudah pernah mencobanya, pasti menjadikan pilihan yang satu ini sebagai oleh-oleh ketika beribadah haji & umroh (umrah) di tanah suci. Susu Arab Saudi terkenal dengan rasanya yang sangat enak dan khas. Ada dua pilihan favorit para jamaah, yaitu Almarai dan Nadec. Keduanya dapat ditemukan dengan mudah pada supermarket Mekkah (Makkah) dan Madinah. Baiknya susu ini segera dikonsumsi atau dimasukkan ke kulkas sesampainya di Indonesia, karena susu khas Arab Saudi tidak menggunakan pengawet sehingga cepat basi.

  • Albaik Chicken
oleh-oleh umroh parfum Albaik Fried Chicken

Source: Google.com

Albaik adalah restoran cepat saji khas Arab Saudi. Albaik chicken mempunyai cita rasa yang tidak kalah dengan restoran cepat saji yang ada di Indonesia. Cita rasa yang khas, dan dengan bumbu yang meresap sampai ke dalam, ditambah dengan harganya yang terjangkau (sekitar 13 SAR) serta ukuran ayamnya yang besar menjadi keunggulan dari Albaik Chicken. Tidak hanya favorit sebagai santapan para jamaah selama berada di tanah suci. Albaik chicken juga sering menjadi pilihan oleh-oleh para jamaah haji dan umroh untuk dibawa ke Indonesia.

Lihat juga 9 Makanan Khas Arab Saudi Favorit

  •  Perlengkapan Ibadah
oleh-oleh umroh perlengkapan ibadah

Source: Google.com

Tidak lengkap rasanya bila beribadah namun tidak membeli perlengkapan ibadah di tanah suci. Banyaknya pilihan perlengkapan ibadah khas Arab Saudi menjadikannya salah satu favorit sebagai oleh-oleh bagi para jamaah haji & umroh.

Biasanya para jamaah haji dan umroh (umrah) membeli gamis, sajadah, mukena, peci, hingga tasbih. Desain yang unik, bahan yang bagus, harga yang cukup terjangkau dari perlengkapan ibadah yang ada di Arab Saudi, menjadikannya pilihan favorit oleh-oleh para jamaah haji dan umroh untuk dibawa ke Indonesia.

Semoga 10 pilihan oleh-oleh umrah dan haji diatas dapat membantu Bapak/Ibu dan Sahabat yang sedang mencari oleh-oleh pilihan terbaik untuk sanak keluarga. Bagi para calon tamu Allah yang sedang mempersiapkan perjalanan untuk beribadah ke tanah suci, silakan menyimak artikel Jejak Imani lainnya tentang tata cara umroh dan perbedaan haji dan umroh. 

Untuk Bapak/Ibu dan Sahabat yang ingin merencanakan ibadah umrah juga dapat melihat pilihan paket umroh yang terdapat di Jejak Imani.

Ingin perjalanan ibadah ke Haramain lebih berkesan dan nyaman? Jejak Imani insya Allah jawabannya.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply